Jadi Pemenang Pemilu di Sidoarjo, PKB Ancang-ancang Siapkan Calon Ketua DPRD Sidoarjo

Sebagai pemenang pemilu di Sidoarjo, PKB berhak mendapat jatah Ketua DPRD Sidoarjo. Siapa yang akan mereka ajukan sebagai ketua?

Jadi Pemenang Pemilu di Sidoarjo, PKB Ancang-ancang Siapkan Calon Ketua DPRD Sidoarjo
surabaya.tribunnews.com/m taufik
foto dok - Ketua DPRD Sidoarjo, Sullamul Hadi Nurmawan saat memimpin rapat paripurna. Namanya kembali masuk dalam bursa calon Ketua DPRD Sidoarjo periode 2019-2024 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Sebagai pemenang pemilu di Sidoarjo, PKB berhak mendapat jatah Ketua DPRD Sidoarjo. Partai dengan perolehan 16 kursi di dewan itu pun mulai bersiap menentukan siapa jadi ketua dewan.

Prosesnya, DPC PKB akan mengusulkan beberapa nama, kemudian DPP PKB bakal menentukan siapa yang ditunjuk menjadi Ketua DPRD Sidoarjo periode 2019-2024.

Menurut Sekretaris DPC PKB Sidoarjo, Abdillah Nasih, pihaknya sudah menerima petunjuk teknis (juknis) pemilihan ketua dewan.

"Surat tentang Juknis dari DPP PKB sudah kami terima minggu lalu," kata dia.

Dalam petunjuknya, DPP menyampaikan bahwa ada beberapa aturan untuk menentukan siapa-siapa layak jadi ketua dewan. Termasuk kriteria calon ketua DPRD yang diusulkan.

Nasik menyebut ada tiga kriteria yang harus dipenuhi. Yakni memperhatikan perolehan suara di KPU dalam Pileg kemarin, posisi atau jabatan calon di partai, dan ketiga adalah rekam jejak atau pengalaman calon.

Dalam surat dari DPP PKB tersebut, juga dijelaskan bahwa nama yang diusulkan untuk calon ketua dewan minimal tiga orang. Boleh lima orang, atau lebih.

Dengan dasar kriteria yang disampaikan tersebut, lima kader PKB yang cocok masuk sebagai calon ketua dewan, ada nama Subandi, Dhamroni Chludori, Ainun Jariyah, Sullamul Hadi Nurmawan, dan Pujiono.

Subandi merupakan caleg terpilih dengan perolehan suara terbanyak. Kemudian Pujiono juga masuk kriteria yang mendapat suara terbanyak urutan kelima. Tapi keduanya sama-sama orang baru di parlemen.

Ainun Jariyah lebih punya pengalaman, karena selama ini sudah menjadi anggota dewan. Demikian halnya Sullamul Hadi Nurmawan dan Dhamroni.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved