Dosen Stikom Bagi Tips Membuat Konten Video YouTube agar Lebih Berkualitas untuk Dulang Subscribers

Membuat konten video YouTube yang menarik juga perlu ditunjang dengan peralatan yang memadai

Dosen Stikom Bagi Tips Membuat Konten Video YouTube agar Lebih Berkualitas untuk Dulang Subscribers
istimewa
Dosen Perfilman Stikom Surabaya, Novan Andrianto, memberikan tips cara meningkatkan subscriber channel YouTube 

SURYA.co.id | SURABAYA - Untuk meningkatkan jumlah subscriber di channel YouTube bukanlah perkara mudah. Namun, ada beberapa cara agar bisa mendulang subscriber, salah satunya yakni membuat konten yang menarik.

Membuat konten video yang menarik juga perlu ditunjang dengan peralatan yang memadai. Sebab, ide konten saja tak cukup, kualitas video harus diperhatikan.

Dosen D4 Produksi Film dan Televisi Institut Bisnis dan Informatika Stikom, Novan Andrianto, mengatakan perlengkapan yang dibutuhkan YouTuber antara lain kamera, lighting, microphone audio, tripod atau gorilla pod, dan laptop untuk editing video. Setidaknya, lima perlengkapan itu dimiliki youtuber agar video yang dibuat layak untuk ditonton.

"Tak dapat dipungkiri, peralatan memang sebaiknya dinomorsatukan. Sebab, berpengaruh dalam membuat konten video," katanya Kamis (20/6/2019.

Novan menerangkan, jenis kamera yang kerap digunakan untuk membuat konten video YouTube yakni DSLR, Mirrorles, dan action camera yang memiliki kualitas video 4K.

Terkait merk kamera, itu tergantung taste setiap orang, dan tergantung dengan keperluan youtubers.

"Yang biasa digunakan untuk membuat konten video di YouTube adalah merk kamera canon dan sony. Untuk kualitas gambar, keduanya sama-sama baik. Bagi YouTuber dengan konten vlog (video blog) seringnya menggunakan kamera jenis mirrorless karena ukurannya yang minimalis. Namun, kekurangannya mirrorles baterai cepat habis," terangnya.

Perlu diingat, pemilihan kartu memori untuk membuat video perlu diperhatikan.

Karena kartu memori kamera memiliki kelas.

Jika peruntukan kartu memori tidak untuk membuat video, youtubers akan mengalami kendala rekaman video tiba-tiba berhenti.

Halaman
123
Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved