Alasan UPN Jatim Terima YouTuber Lewat Jalur Mandiri Prestasi, Pendaftaran Tutup 13 Juli 2019

UPN Jatim membuka peluang bagi YouTuber untuk mendaftar melalui seleksi Jalur Mandiri Prestasi (JMP).

Alasan UPN Jatim Terima YouTuber Lewat Jalur Mandiri Prestasi, Pendaftaran Tutup 13 Juli 2019
upnjatim.ac.id
UPN Jatim di Jalan Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya. Kampus yang juga dikenal sebutan UPN Veteran Jatim ini membuka Jalur Mandiri Prestasi, yakni jalur khusus bagi youtuber. 

SURYA.co.id | SURABAYA - UPN Jatim membuka peluang bagi YouTuber untuk mendaftar melalui seleksi Jalur Mandiri Prestasi (JMP). Ini merupakan hal yang baru di dunia pendidikan, khususnya perguruan tinggi negeri.

Wakil Rektor 1 UPN Jatim, Sukendah, mengatakan alasan memberikan peluang bagi YouTuber adalah untuk mewadahi para anak muda yang kreatif. Identifikasi prestasi dan kemampuan sejak penerimaan, akan mempermudah dalam mengarahkan mereka saat proses belajar di perkuliahan.

"Sehingga outputnya ketika lulus, mereka memiliki kompetensi atau pun keahlian di bidangnya. Kontribusi ke masyarakat dan negara juga lebih besar. Selain itu menjadi tenaga kerja yang dibutuhkan di era industri digital seperti sekarang. Tak hanya prestasi nonakademik, mahasiswa dengan prestasi akademik juga kami arahkan dan wadahi," kata Sukendar saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (19/6/2019).

Konten kreator, youtubers masuk ke dalam kategori Jalur Mandiri Prestasi (JMP).

Totalnya ada enam kategori di Jalur Mandiri Prestasi (JMP), yakni olahraga, seni dan budaya, olimpiade keilmuan, (juara 1-3 tingkat kota/kabupaten, provinsi, nasional, dan internasional dalam tiga tahun terakhir), hafiz Alquran minimal 5 juz, prestasi organisasi misalnya ketua osis sekurangnya satu periode, dan inovator kreator atau YouTuber.

Sukendah menuturkan meski termasuk dalam kategori, para Youtubers tidak serta-merta bisa lolos seleksi Jalur Mandiri Prestasi (JMP).

Ada beberapa tahapan yang harus dilewati saat proses seleksi.

"Mereka juga harus lolos ujian tulis atau tes akademik. Bukan karena mereka Youtubers kemudian lolos begitu saja," ucapnya.

Sukendah menambahkan, Youtubers yang mendaftar melalui jalur seleksi mandiri prestasi harus memenuhi berbagai syarat.

Salah satunya Selain memiliki 20.000 subscribers dan memiliki setidaknya 2 video dengan jumlah penonton 100.000.

Halaman
12
Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved