Berita Bojonegoro

Bea Cukai Bojonegoro Musnahkan Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal dan Tembakau Iris

Bea Cukai Bojonegoro memusnahkan ratusan ribu batang rokok ilegal, selama penindakan 2013-2018

Bea Cukai Bojonegoro Musnahkan Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal dan Tembakau Iris
istimewa
Petugas Bea cukai Bojonegoro melakukan pemusnahan ratusan ribu batang rokok ilegal dan tembakau iris 

SURYA.co.id | BOJONEGORO - Bea Cukai Bojonegoro memusnahkan ratusan ribu batang rokok ilegal, selama penindakan 2013-2018. Tak hanya batang rokok, tembakau iris juga turut dilenyapkan di halaman kantor Bea Cukai.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Bojonegoro, Winarko mengatakan, pihaknya terus berupaya maksimal untuk memastikan barang-barang yang beredar di pasar merupakan barang legal dan tidak membahayakan masyarakat.

Identifikasi rokok ilegal maupun tembakau iris yang dilakukan selama lima tahun itu mempertimbangkan beberapa aspek. Misal rokok dengan pita cukai yang diduga palsu, rokok tanpa dilekati pita cukai dan rokok dilekati pita cukai yang bukan peruntukannya, baik di wilayah Bojonegoro dan Tuban.

"Ya jika sudah mencakup aspek poin tersebut, maka rokok ilegal kita amankan. Begitupun dengan tembakau iris," Ujarnya, Rabu (26/6/2019).

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk rokok ilegal yang dimusnahkan rinciannya yaitu 352.567 batang.

Sementara untuk jumlah tembakau iris yaitu 25.160 gram. 

Dengan adanya pemusnahan tersebut, pihak Bea cukai mengklaim menyelamatkan potensi kerugian negara sebesar Rp 117.845.910.

"Nilainya ratusan juta yang kita musnahkan dari barang-barang ilegal ini, kita akan terus lakukan penindakan. Ini bukti nyata dan keseriusan pemerintah dalam penegakan hukum dan memberantas peredaran barang barang ilegal," Terangnya.

Dia menambahkan, rokok ilegal juga membahayakan masyarakat dan mengurangi penerimaan negara. 

Sebab, rokok ilegal tersebut tidak terkontrol kadar TAR dan nikotinnya.

"Bahaya juga bagi kesehatan, karena tidak terkontrol TAR dan nikotinnya," Ungkapnya.

Usai dilakukan pemusnahan secara simbolis di kantor Bea cukai, pemusnahan secara keseluruhan dilanjutkan di tempat pembuangan akhir (TPA) yang berada di Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk Bojonegoro.

Hadir dalam pemusnahan tersebut yaitu perwakilan dari Kantor Wilayah Bea Cukai Provinsi Jawa Timur, Kapolres Bojonegoro, Dandim 0813 Bojonegoro, Perwakilan Kejaksaan Negeri Bojonegoro, dan Satpol PP Bojonegoro.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved