Berita Surabaya

Ujian Merangkai Bunga dan Desain Floral, Peserta Wajib Bikin 5 Rangkaian yang Menganut 9 Prinsip

"Untuk melamar pekerjaan, sertifikat ini sangat menambah poin karena sertifikasinya dari lembaga di bawah Dinas Pendidikan Kota Surabaya."

Ujian Merangkai Bunga dan Desain Floral, Peserta Wajib Bikin 5 Rangkaian yang Menganut 9 Prinsip
surya.co.id/christine ayu nurchayanti
KOMPETENSI PERANGKAI - Peserta mengikut uji kompetensi merangkai bunga di LKP Cumbacitta Surabaya, Selasa (25/6/2019). 

Surya.co.id | SURABAYA - Dini tampak telaten merangkai bunga yang ada di depannya.

Ada bunga mawar, krisan, herbras, dan lain sebagainya. Juga tanaman andong, pakis, dan lain-lain.

Berbekal gunting dan keahlian yang ia miliki, Dini menggabungkan bunga dan tanaman tersebut menjadi satu rangkaian yang rapi.

Tak hanya Dini, 11 perserta lain yang tengah mengikuti Ujian Kompetensi Level 1 Merangkai Bunga dan Desain Floral di Tempat Uji Kompetensi (TUK) LKP Cumbacitta, Selasa (25/6/2019) begitu antusias menciptakan rangkaian bunga.

Hetty Kuswahyu, pimpinan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Cumbacitta menjelaskan para peserta wajib membuat lima macam rangkaian, yakni vertikal, segitiga, bulat, wrapping, dan korsase.

"Dalam merangkai, tidak asal-asalan. Ada sembilan prinsip yang harus diperhatikan yaitu irama, fokus, aksen, komposisi, proposional, keseimbangan, kesatuan, kedalaman, dan harmoni," tutur Hetty.

Selain itu juga ada lima prinsip yang tak boleh dilupakan yaitu ruang, warna, garis, bentuk, dan tekstur.

Para peserta yang lolos pada ujian kompetensi ini, Hetty mengemukakan, berhak mendapatkan sertifikat yang diakui di dalam dan di luar negeri.

"Untuk melamar pekerjaan, sertifikat ini sangat menambah poin karena sertifikasinya dari lembaga di bawah Dinas Pendidikan Kota Surabaya," tutur Hetty.

Tjuk Hastuti, penguji ujian kompetensi menuturkan penilaian ditekankan pada bentuk dasar seperti bulat, segitiga, dan lain sebagainya.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved