Berita Gresik

BREAKING NEWS Kapal Tirta Amarta Bocor dan Tenggelam di Laut Tuban, Belasan ABK Terkatung Berjam-jam

Belasan ABK KM Tirta Amarta terpaksa terapung-apung di atas sekoci selama beberapa jam dan baru ditolong oleh kapal besar yang melintas

BREAKING NEWS Kapal Tirta Amarta Bocor dan Tenggelam di Laut Tuban, Belasan ABK Terkatung Berjam-jam
Surabaya.Tribunnews.com/sugiyono
Para ABK KM Tirta Amarta yang berhasil dievakuasi dan diselamatkan oleh petugas KSOP Gresik, Selasa (25/6/2019). 

SURYA.co.id | GRESIK – Kecelakaan laut kembali terjadi di perairan Jawa Timur. Kali ini KM Tirta Amarta yang sedang berlayar dari Pelabuhan Gresik menuju Kendawangan Kalimantan Barat dengan muatan pupuk bocor dan tenggelam, Selasa (25/6/2019) dini hari.

Akibat peristiwa ini, belasan anak buah kapal (ABK) KM Tirta Amarta terpaksa terapung-apung di atas sekoci selama beberapa jam dan baru ditolong oleh kapal besar yang melintas.

Para ABK akhirnya bisa diselamatkan dari maut akibat kapal bocor dalam perjalanan menuju Kendawangan Kalimantan Barat.

Dari informasi yang disampaikan Kasi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik Kusnadi, mengatakan bahwa kejadian itu ketika KM. Tirta Amarta berlayar menuju Kendawangan Kalimantan Barat dengan muatan pupuk. Tiba-tiba dalam perjalanan kapal bocor dan tenggelam.

Dari upaya para ABK sudah menguras air dengan pompa diesel yang ada. Namun masih tidak mampu menguras air yang masuk ke dalam kapal. Sehingga, 15 ABK dan seorang nahkoda ditolong kapal MV. Seaspan Fraser yang dalam perjalanan menuju pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

“Lokasi penyelamatan di utara Laut Tuban pada posisi  05.23.4 S / 111.43.27 S. Kemudian kita evakuasi menggunakan kapal KPLP,” kata Kusnadi, Selasa (25/6/2019).

Setelah berhasil dievakuasi, para ABK untuk dimintai keterangan. Terutama untuk mengetahui awal kebocoran kapal. Sebab, ketika berangkat berlayar dari Pelabuhan Gresik pada Sabtu (22/6/2019), pukul 20.30 WIB dalam kondisi layak.

“Kita minta keterangan terlebih dahulu para ABK untuk mengetahui awal kebocoran kapal,” imbuhnya. 

Penulis: Sugiyono
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved