Pria Pengidap Gangguan Jiwa yang Ngamuk di Kediri Diamankan Satpol PP

Petugas patroli Satpol PP Kota Kediri mengamankan seorang pria pengidap gangguan jiwa yang mengamuk, Senin (24/6/2019) petang.

Pria Pengidap Gangguan Jiwa yang Ngamuk di Kediri Diamankan Satpol PP
surabaya.tribunnews.com/didik mashudi
Petugas Satpol PP Kota Kediri mengamankan Rusyadi, pengidap gangguan jiwa di Kelurahan Bandarlor, Senin (24/6/2019). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Petugas patroli Satpol PP Kota Kediri mengamankan seorang pria pengidap gangguan jiwa yang mengamuk, Senin (24/6/2019) petang. 

Dia adalah Rusyadi, warga Kelurahan Bandarlor, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Senin (24/6/2019) petang.

Ulah Rusyadi sempat membuat resah warga sekitar rumahnya. Masalahnya, Rusyadi sempat mengamuk yang membahayakan keluarga dan para tetangganya.

Tindakannya yang tidak terkontrol diduga akibat gangguan jiwanya kambuh. Khawatir terjadi hal-hal yang negatif, warga kemudian melaporkan ke Kantor Satpol PP Kota Kediri.

Kabid Trantibun Satpol PP Kota Kediri Nur Khamid menjelaskan, petugas setelah mendapatkan pengaduan warga segera meluncur ke TKP.

Saat petugas tiba Rusyadi masih terlihat mengamuk yang membuat keluarganya ketakutan. Selanjutnya dengan langkah persuasif, petugas berhasil membawa Rusyadi ke Kantor Satpol PP.

Petugas kemudian merawat penderita dengan meminta mandi dan berganti pakaian yang lebih layak. Sehingga kondisi psikisnya kembali tenang.

Sedangkan untuk langkah selanjutnya masih akan dikordinasikan lagi dengan pihak yang terkait.

"Kami perlu musyawarah dengan pihak keluarganya, kelurahan dan Kantor Dinsos Kota Kediri untuk membawa penderita ke Rumah Sakit Jiwa," jelas Nur Khamid.

Selama ini dalam penanganan ODGJ (Orang dengan Gangguan Jiwa), Satpol PP selalu berkoordinasi dengan instansi terkait. Biasanya petugas satpol yang membawa penderita dirujuk ke RSJ.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved