Berita Jember

Serunya Watu Ulo Pegon Parade 2019, ini Harapan Bupati Jember Faida

Waton Parade 2019 merupakan kegiatan kali pertama yang digelar Pemkab Jember bekerjasama dengan sejumlah elemen masyarakat.

Serunya Watu Ulo Pegon Parade 2019, ini Harapan Bupati Jember Faida
surya.co.id/sri wahyunik
Bupati Jember Faida diarak dengan Pegon dalam acara Watu Ulo Pegon (Waton) Parade 2019, Minggu (23/6/2019). 

SURYA.co.id | JEMBER - Sebanyak 58 pegon mengikuti Watu Ulo Pegon (Waton) Parade 2019 di Pantai Watu Ulo, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Jember, Minggu (23/6/2019).

Waton Parade 2019 merupakan kegiatan kali pertama yang digelar Pemkab Jember bekerjasama dengan sejumlah elemen masyarakat.

Namun, parade pegon atau arak-arakan pegon merupakan ritual tahunan di Pantai Watu Ulo.

Para pemilik pegon biasanya menggelar kupatan di pantai tersebut. Pegon diarak di Desa Sumberejo menuju titik kumpul di Pantai Watu Ulo.

Di pantai itulah warga makan ketupat bersama keluarga, dan warga lain sesama pemilik pegon.

"Kalau Waton Parade memang baru kali pertama, namun arak-arakan pegon atau festival pegon sudah tiap tahun digelar oleh warga sini. Tentunya Pemkab Jember setiap tahun mendukung kegiatan tersebut," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jember, Anas Ma'ruf kepada Surya, Minggu (22/6/2019).

Jika tiap tahun, festival pegon digelar di hari raya ketupat atau ketujuh Lebaran, kali ini digelar pekan ketiga bulan Syawal.

Kegiatan yang didukung penuh oleh Pemkab Jember itu tidak hanya dimeriahkan oleh arak-arakan pegon, namun juga beberapa kegiatan lain antara lain Festival Bakar Ikan, lomba melukis, mewarnai, juga menulis cerita, serta ada pengumuman finalis Gus dan Ning Kabupaten Jember.

"Untuk Festival Pegon sendiri untuk melestarikan tradisi ketupat dan lepet, juga moda angkutan tradisional bernama pegon. Kami menggelar kegiatan ini sekaligus untuk makin mendongkrak dan membangkitkan Watu Ulo sebagai ikon pariwisata di Kabupaten Jember," tegas Anas.

Waton Parade 2019 kali ini berlangsung meriah, dan dipadati pengunjung. Pegon berbaris di sepanjang jalan di tepi Pantai Watu Ulo. Pegon berjalan perlahan, berarak menuju titik kumpul lokasi Waton Parade 2019.

Halaman
123
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved