Citizen Reporter

Mahasiswa UKDC Bantu UMKM di Kenjeran Promosikan Produk

Penyebab utama kurang optimalnya pertumbuhan UMKM 3 Putra adalah karena masih sedikit masyarakat yang mengetahui keberadaan UMKM tersebut.

Mahasiswa UKDC Bantu UMKM di Kenjeran Promosikan Produk
ist/citizen reporter
Sejumlah mahasiswa UKDC Surabaya saat melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di kawasan Kenjeran, Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kawasan Kenjeran Surabaya terkenal dengan produk-produk olahan hasil laut seperti Ikan Kering, Udang, Kerang, Teripang, dan juga olahan semacam Krupuk Rambak,Terung dan Stik Balado.

Di sana, dengan mudah ditemukan pedagang yang menjual aneka produk tersebut. 

Salah satunya adalah UMKM 3 Putra yang diketuai oleh Lukmawati. Kelompok ini beranggotakan 6 pedagang yang beroperasi di Jalan Larangan – Sukolilo, Kenjeran Surabaya.

Berdasarkan hasil analisa sosial yang dilakukan Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKDC (Universitas Katolik Darma Cendika) Surabaya, diketahui bahwa tingkat pertumbuhan usaha kelompok tersebut masih belum optimal.

Melihat hal tersebut, maka dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat selama 3 bulan guna membantu UMKM 3 Putra.

Menurut mahasiswa, penyebab utama kurang optimalnya pertumbuhan UMKM 3 Putra adalah karena masih sedikit masyarakat yang mengetahui keberadaan UMKM tersebut.

Oleh karena itu, mahasiswa UKDC membantu mempromosikan keberadaan UMKM 3 Putra. Kegiatan promosi yang dilakukan kepada masyarakat luas melalui promosi di social media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. 

Setelah dilakukan promosi tersebut, keberadaan UMKM 3 Putra perlahan-lahan mulai dikenal masyarakat luas tidak hanya oleh masyarakat  Kenjeran dan sekitarnya, tetapi juga oleh masyarakat di luar daerah Kenjeran seperti Sidoarjo, Gresik bahkan Malang.

Hal tersebut diketahui berdasarkan wawancara pada tanggal 18 Mei 2019 dengan salah satu pembeli, Akwan, warga Kota Malang.

“Saya mengerti UMKM 3 Putra ini dari anak saya yang melihat  postingan di Facebook, bahwa ada olahan khas ikan laut yang enak dan bagus kemasannya disini. Maka dari itu saya tertarik mencoba membelinya terlebih saya kesini. Kebetulan juga ada urusan kerja, jadi sekalian Mas," kata Akwan. 

Upaya peningkatan pemasaran tidak hanya melalui promosi, tetapi mahasiswa UKDC juga membantu dalam membuat logo baru dan label kemasan yang menarik sehingga mudah dikenal oleh masyarakat.

Di samping itu, mereka juga membuat papan nama toko UMKM 3 Putra yang dapat menjadi identitas UMKM 3 Putra tersendiri di daerah tersebut.

Penulis : Marcell Mathias, Mahasiswa UKDC Surabaya

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved