Citizen Reporter

Lomba Dongeng untuk Anak SD Peringatan Hari Kartini, sebelum Tampil 30 Peserta Dibekali Pendongeng

Sebelumnya peserta lomba mendongeng mendapatkan bekal dari Dimas, petugas TBM RW 13 Peneleh sekaligus Tim Pendongeng Dinas Perpustakaan.

Lomba Dongeng untuk Anak SD Peringatan Hari Kartini, sebelum Tampil 30 Peserta Dibekali Pendongeng
foto: istimewa
Seorang peserta beraksi dalam lomba dongeng dalam rangka Hari Kartini yang diselenggarakan TBM se-Kecamatan Genteng. 

Dalam rangka memperingati Hari Kartini serta pencarian bibit unggul pendongeng anak, petugas Taman Baca Masyarakat (TBM) se-Kecamatan Genteng Surabaya mengadakan lomba mendongeng untuk anak usia SD dan lomba kolase untuk anak SD kelas 1–3. Kegiatan itu diadakan Sabtu (20/4/2019) di TBM RW 8 Embong Kaliasin, Jalan Embong Blimbing.

Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang dan mengikuti lomba. Ada 50 peserta lomba yang terdiri atas 30 peserta mendongeng dan 20 peserta lomba kolase. Kegiatan itu berlangsung pukul 12.00–14.30.

Erfi dan Intan, petugas TBM Embong Kaliasin membuka acara. Peserta telah mempersiapkan diri, mental, serta cerita yang akan disampaikan bagi mereka yang mengikuti lomba mendongeng.

Sebelumnya, Senin (8/4/2019), peserta lomba mendongeng mendapatkan bekal dari Dimas, petugas TBM RW 13 Peneleh sekaligus sebagai Tim Pendongeng Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya, tentang cara mendongeng yang menarik dan baik yang diikuti 30 peserta.

Dengan adanya pembekalan itu, semakin yakinlah mereka untuk berkompetisi menunjukkan kemampuan mereka dalam mendongeng dengan gaya khas masing-masing.

Sejatinya, setiap anak memiliki kemampuan yang luar biasa, jika kemampuan itu tidak digali dan disalurkan sungguh sangat sayang.

Itu terbukti, mereka dapat menampilkan dongeng mereka dalam bentuk video yang kemudian disaring menjadi lima terbaik yang ditampilkan pada kegiatan itu.

Lima terbaik pendongeng menampilkan cerita mereka dengan persiapan yang lebih matang dan sangat menarik di depan penonton.

Sementara, lomba kolase berjalan sangat tenang dan serius karena mereka fokus menempel kertas warna-warni dengan lem yang telah disiapkan panitia. Mereka kreatif menempel dan menggabungkan warna.

Kegiatan itu semakin pecah dan meriah ketika ice breaking diberikan kepada seluruh peserta. Tentu saja ada door prize bagi mereka yang antusias. Mereka larut dalam kegiatan ini hingga pada pengumuman pemenang lomba.

Juara satu masing-masing lomba yaitu lomba mendongeng diraih Naufal Azka dari RW 5 Kapasari dan lomba kolase Shafa dari RW 13 Embong Kaliasin.

Trofi dan bingkisan diberikan kepada pemenang yang diserahkan Dwi Mustikasari, Koordinator TBM Kecamatan Genteng. Datang ke TBM lagi, ya. Selalu ada kegiatan menarik di sana.

Kurniawati Trihadi Widyana
Petugas Teknis Perpustakaan Kota Surabaya
kurniawatizhafira@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved