Citizen Reporter

27 Siswa MI Sunan Drajat Kunjungi Taman Baca Pemkab Lamongan, selain Baca Buku, ini Kegiatan Lainnya

Anak-anak MI Sunan Drajat Lamongan didampingi tiga guru. Kunjungan tidak hanya untuk membaca buku, tetapi juga bernyanyi bersama dan mendongeng.

27 Siswa MI Sunan Drajat Kunjungi Taman Baca Pemkab Lamongan, selain Baca Buku, ini Kegiatan Lainnya
foto: istimewa
Anak-anak MI Sunan Drajat Lamongan didampingi tiga guru mendengarkan dongeng dari petugas Taman Baca Pemkab Lamongan. 

ANAK-ANAK akan bangga jika punya masa kecil dan masa depan yang cerah. Itulah awal sambutan yang disampaikan Kandam, Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Lamongan dalam acara kunjungan MI Sunan Drajat ke Taman Baca Dinperpusda Alun-alun Lamongan, Jumat (12/4/2019).

Sebanyak 27 siswa kelas 1 dari MI Murni Sunan Drajat Lamongan sangat bersemangat mengikuti acara itu. Mereka dengan tangkas menjawab ketika ditanya tentang cita-cita.

"Saya mau jadi presiden," ujar salah satu siswa.

Menurut Kandam, anak-anak harus punya cita-cita yang keren. Cita-cita harus selalu dikejar.

“Cara mewujudkannya, salah satunya dengan banyak membaca buku," katanya.

Ia menambahkan, mereka harus menghormati orang tua dan guru. Itu bisa dilakukan dengan cara saat berangkat sekolah anak-anak mencium tangan orang tua.

Anak-anak MI Sunan Drajat Lamongan didampingi tiga guru. Kunjungan tidak hanya untuk membaca buku, tetapi juga bernyanyi bersama dan mendongeng.

"Saya suka sekali mendengarkan dongeng. Apalagi dongeng si kancil dan buaya." tutur Chaha, salah satu siswa.

Anni Fatkhiyatul Maslakhah, Kasi Layanan Dinas Perpustakaan Daerah Lamongan menjelaskan, Taman Baca Alun-alun maupun Perpustakaan Daerah Lamongan menerima dengan senang hati apabila ada sekolah-sekolah yang ingin berkunjung ke perpustakaan.

Selain itu, Dinas Perpustakaan juga bersedia mengunjungi sekolah-sekolah yang ada di Lamongan dengan Mobil Pintar sesuai surat pengajuan dari sekolah. Kegiatan kunjungan ke sekolah itu di luar program Perpustakaan Keliling yang sudah terjadwal dari Dinas Perpustakaan Daerah Lamongan.

"Mengenalkan buku pada anak-anak sejak dini itu sangat penting. Apalagi di era modern ini, anak-anak lebih banyak bermain gadget daripada membaca buku," tambah Anni.

Acara kunjungan sekolah diharapkan dapat menumbuhkan cinta membaca pada diri anak-anak. Itu juga mengubah cara pandang anak-anak tentang buku. Buku tidak selalu tentang buku pelajaran sekolah.

Fitri Areta
Pegawai Dinperpusda Lamongan
fitria.lamongan123@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved