Berita Surabaya

Batal Jadi Kado HUT Surabaya, Pembangunan Jalur Cable Car Mulai Awal Juli 2019

Cable car menjadi satu di antara proyek lainnya yang diharapkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini rampung bulan Mei lalu

Batal Jadi Kado HUT Surabaya, Pembangunan Jalur Cable Car Mulai Awal Juli 2019
surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahroh
Kawasan Kenjeran, Surabaya, yang direncanakan menjadi lokasi proyek Cable Car atau kereta gantung 

SURYA.co.id | SURABAYA - Cable car menjadi satu di antara proyek lainnya yang diharapkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini rampung bulan Mei lalu, tepat pada Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) yang ke-726.

Tetapi, pada kenyataannya, cable car tak bisa diresmikan bersama dengan proyek lain yang menjadi kado HJKS seperti Taman Suroboyo, MERR-Gunung Anyar dan Underpass Mayjen Sungkono.

Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota Surabaya (Bappeko) lalu berencana memulai pembangunan jalur cable car pada awal Juli 2019.

Kasubbid Transportasi Sumber Daya Air dan Utilitas Bappeko, Adi Gunita, mengatakan saat ini sedang melakukan proses pembelian alat dan beberapa bahan yang dibutuhkan untuk pembangunan cable car di kawasan pesisir utara Pantai Kenjeran.

“Sekarang persiapan mobilisasi pembelian alat-alatnya. Soalnya ada penyelesaian dengan PLN,” tutur Adi, Sabtu (22/6/2019).

Jalur cable car yang akan dibangun memiliki panjang 725 meter.

Jalur ini akan dilewati oleh 20 unit cable car, melintasi Jl. Tambak Wedi hingga sisi timur rumah pompa Jembatan Suroboyo.

Nantinya, ketika kereta yang memiliki kapasitas maksimal enam orang dengan kecepatan maksimal 3,8 meter per detik itu dijalankan, pengguna cable car bisa melihat Taman Suroboyo dan patungnya yang berdiri setinggi 42 meter.

Adi mengatakan, 20 cable car tersebut didatangkan dari Tiongkok, dengan anggaran sebesar Rp 40,2 miliar.

"Nanti Cable Car ini kami datangkan dari Tiongkok. Dengan anggaran sebanyak Rp 40,2 miliar. Mudah-mudahan bisa selesai akhir Oktober, paling molor ya bisa awal November untuk pengerjaannya,” harapnya.

Halaman
12
Penulis: Delya Octovie
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved