Berita Mojokerto

Warga Mojokerto Temukan Struktur Diduga Bangunan Kuno, Diprediksi Peninggalan Majapahit

Warga Mojokerto menemukan struktur bangunan yang diduga merupakan bangunan kuno.

Warga Mojokerto Temukan Struktur Diduga Bangunan Kuno, Diprediksi Peninggalan Majapahit
TribunJatim.com/Febrianto Ramadani
Muchlason (46) sedang membersihkan struktur bangunan kuno berupa susunan batu bata yang ditemukan di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Warga Mojokerto menemukan struktur bangunan yang diduga merupakan bangunan kuno. Adalah Muchlason (46), tukang batu yang menemukan struktur bangunan kuno di tempat pembuatan batu-bata di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.

Struktur bangunan yang terdiri dari batu-bata kuno ini berbentuk seperti pondasi kerajaan. Muchlason temukan pada saat dirinya menggali tanah yang ingin dibuat batu-bata.

"Saya menemukan struktur bangunan batu bata kuno pada Rabu pagi (19/06/2019), saat menggali tanah di kedalaman sekitar 1,30 meter. Saya melihat ada tumpukan batu bata yang bentuknya seperti pondasi yang kemungkinan bangunan kuno," kata Muchlason kepada TribunJatim.com (grup surya.co.id) di lokasi penemuan, Jumat (21/06/2019).

Panjang struktur batu bata kuno sekitar 30 meter, tinggi sekitar 1 meter dan lebar 1,30 meter.

Diperkirakan, struktur bangunan kuno ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit.

Setelah menemukan situs struktur bangunan tersebut, Muchlason beserta rekannya Nur Kholis (48) melaporkannya ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

"Setelah menemukan struktur bangunan berbentuk pondasi bangunan kuno yang terbuat dari batu-bata tersebut saya langsung melaporkan ke BPCB Jawa Timur di Trowulan," ungkapnya.

(TribunJatim.com/Febrianto Ramadani)

Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved