Breaking News:

Berita Surabaya

Pemkot Chengdu Tawarkan Kerja Sama Sister City dan Beasiswa ke Pemkot Surabaya

Pemerintah Kota Chengdu, Tiongkok, menawarkan kerja sama dalam bentuk Sister City dan beasiswa kuliah dengan Pemkot Surabaya

surya/delya octovie
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Wakil Wali Kota Chengdu, Niu Qingbao, saat kunjungan di ruang kerja, Balai Kota, Surabaya, Jumat (21/6/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemerintah Kota Chengdu, Tiongkok, menawarkan kerja sama dengan Pemkot Surabaya, Jumat (21/6/2019). Bentuk kerja sama itu berupa Sister City dan beasiswa kuliah.

Wakil Wali Kota Chengdu, Niu Qingbao, mengatakan kedatangannya ke Kota Pahlawan untuk membicarakan kemungkinan kolaborasi dan pertukaran. Pria asal Huixian, Henan, tersebut menuturkan kolaborasi bisa terwujud lewat berbagai sektor, mulai dari ekonomi, pendidikan dan budaya.

"Kerja sama sister city merupakan kemungkinan di masa depan. Chengdu akan menanti terwujudnya sister city dengan Surabaya," katanya.

Ia menyebut, pihaknya sudah mempromosikan Surabaya di Chengdu, dengan harapan banyak warganya yang tertarik untuk mengunjungi Surabaya.

Dari segi ekonomi, Qingbao turut mengharapkan kerja sama antar perusahaan, supaya terjadi perdagangan dan investasi dua arah.

"Kami juga mengajak murid-murid Surabaya dan Indonesia untuk mengikuti beasiswa kuliah di Chengdu," imbuhnya.

Tak sampai di situ saja, Chengdu memiliki festival musik tahunan, dan Qingbao ingin Surabaya menjadi representatif di festival tersebut.

"Kami ingin Surabaya jadi representatif di festival tersebut, untuk menunjukkan (pada masyarakat Chengdu) bahwa Surabaya punya talenta tidak hanya di bidang olahraga, tapi juga musik," paparnya.

Ini merupakan hari kedua Qingbao bertamu ke Surabaya.

Setelah menyapa Risma, ia ingin berkeliling kota untuk melihat keindahan kota dan merasakan keramahan masyarakat.

Yang paling ia suka dari Surabaya, katanya, adalah kebersihan dan penghijauannya.

"Surabaya bersih dan hijau, saya suka itu. Chengdu juga bersih dan hijau. Mungkin nanti kita bisa bertukar ilmu, supaya kota kita jadi lebih baik lagi," pungkasnya.

Mendapat tawaran dari Chengdu, Risma mengaku sangat terbuka dan senang hati menerimanya.

Sebab, kedua kota ini sama-sama menjadi ibu kota provinsi dan menjadi salah satu kota yang cukup berpengaruh untuk negaranya.

 “Saya sangat senang sekali menerima kunjungan dari Pemerintah Kota Chengdu, sebab segala yang memiliki niat dan tujuan baik ya harus kita dukung. Apalagi, menyangkut kesejahteraan masyarakatnya,” tutupnya.

Penulis: Delya Octovie
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved