Citizen Reporter

Kiat Mahasiswa KKN UM agar Warga Desa Lereng Gunung Arjuno Miliki Penghasilan Tambahan

Mahasiswa KKN Sinambung Universitas Negeri Malang (UM) Kelompok Desa Langlang, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Kiat Mahasiswa KKN UM agar Warga Desa Lereng Gunung Arjuno Miliki Penghasilan Tambahan
foto: istimewa
Kegiatan tanam pohon di Desa Langlang, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang yang diinisiasi mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang. 

Mahasiswa KKN Sinambung Universitas Negeri Malang (UM) Kelompok Desa Langlang, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang menyelenggarakan penyuluhan dan penanaman bibit pohon. Kegiatan itu mengambil tema Peduli Lingkungan Hijaukan Alam.

Sebelum menanam bibit pohon, warga yang menjadi sasaran kegiatan diberikan penyuluhan terlebih dahulu sehari sebelumnya, Sabtu (23/3/2019).

Penyuluhan dilaksanakan di Aula Rumah Pintar Dusun Langlang 4 dengan mengundang Mukti, narasumber dari Dinas Kehutanan Provinsi Jatim UPT PHW V Malang.

Mukti menyampaikan betapa pentingnya melaksanakan penghijauan lingkungan, terlebih dalam kondisi pemanasan global saat ini.

Selain itu, ia juga menjelaskan cara menanam bibit pohon yang baik dengan disesuaikan kondisi tanah serta lingkungan.

Desa Langlang berada di wilayah lereng Gunung Arjuno. Kondisi tanahnya sangat mendukung untuk ditanami bibit pohon buah-buahan, termasuk bibit pohon yang akan ditanam dalam kegiatan ini, yakni sirsak, nangka, dan rambutan.

Sehari setelah pemberian penyuluhan, Minggu (24/3/2019) pagi, masyarakat Desa Langlang dan mahasiswa KKN UM yang jumlahnya mencapai 40-an orang langsung ke lokasi penanaman. Lokasi berada di Sumber Mata Air Pakis Uceng Dusun Langlang 1.

Adapun bibit pohon yang ditanam sejumlah 100 pohon.

Kegiatan penanaman bibit pohon ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih kepada lingkungan Desa Langlang, terutama pada wilayah DusunLanglang 1.

Selain untuk manfaat penghijauan alam, diharapkan setelah bibit pohon tumbuh besar masyarakat dapat memanfaatkan buah-buahan yang dihasilkan oleh setiap pohon.

Berorientasi pada perencanaan Desa Wisata yang ada di Desa Langlang, masyarakat juga dapat mengembangkan Sumber Mata Air Pakis Uceng sebagai lahan wisata petik buah.

Itu akan menghasilkan pendapatan ekonomi bagi desa dan masyarakat sekitar.

Muhammad Faiz, salah seorang warga mengatakan, masyarakat diminta menjaga amanah bibit pohon dengan merawatnya.

“Semoga ketika sudah besar pohon-pohonnya, masyarakat dapat memanfaatkan buah dari pohon sebaik-baiknya. Lebih-lebih nanti bisa digagas Taman Wisata Petik Buah di sini, agar bisa menjadi ladang pendapatan bagi masyarakat,” kata perangkat desa itu.

Filianti
Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran
Universitas Negeri Malang
filianti40@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved