Berita Kediri

Haul Bung Karno ke-49 di Kediri Dimeriahkan Acara Orasi Budaya dan Parade Puisi

Acara Haul Bung Karno ke-49 di Rumah Persada Sukarno di Desa Pojok, Wates, Kabupaten Kediri dimeriahkan dengan orasi budaya dan parade baca puisi

Haul Bung Karno ke-49 di Kediri Dimeriahkan Acara Orasi Budaya dan Parade Puisi
surya/didik mashudi
Orasi budaya, baca puisi serta pentas teater memeriahkan haul Bung Karno ke 49 di Rumah Persada Sukarno Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Kamis (20/6/2019) malam. 

SURYA.co.id | KEDIRI - Acara Haul Bung Karno ke-49 di Rumah Persada Sukarno di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Kamis (20/6/2019) malam, dimeriahkan dengan orasi budaya dan parade baca puisi. Kegiatan yang dihadiri sekitar 200 undangan ini juga diwarnai pembacaan doa dari umat lintas agama dan pembacaan biografi Bung Karno.

Panitia juga menggelar selamatan, pentas teater, mimbar bebas pidato Bung Karno kemudian ditutup dengan doa mocopat. Sebelum Haul Bung Karno berakhir, juga ada malam perenungan serta menyalakan api unggun di halaman rumah yang pernah menjadi tempat tinggal Bung Karno sewaktu masih kecil.

Kegiatan Haul Bung Karno juga ada agenda pemberian santunan untuk anak yatim dan fakir miskin. Haul tokoh Proklamator ini melibatkan sejumlah elemen masyarakat dan lintas komunitas di Kediri.

Panitia Haul Bung Karno ke-49 Kediri, Kushartono, mengatakan Soekarno merupakan Presiden terbaik tingkat dunia, namanya harum dan kagumi dunia.

Pada masa kepemimpinannya, Indonesia mampu menghimpun bangsa-bangsa di Asia, Afrika dan Amerika Latin dengan menggelar Konferensi Asia Afrika ( KAA) di Bandung pada 1955 yang kemudian berkembang menjadi Gerakan Non Blok.

Melalui Gerakan Non Blok ini mempu melahirkan bangsa-bangsa yang belum merdeka menjadi merdeka.

Menurutnya, Soekarno bukan hanya Bapak Bangsa Indonesia tapi juga Bapak Bangsa-Bangsa di dunia.

"Bukan hanya penyambung lidah rakyat Indonesia tapi juga penyambung lidah rakyat Dunia," katanya.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved