Berita Mojokerto

Begini Penjelasan BPCB Trowulan Terkait Temuan Struktur yang Diduga Bangunan Kuno di Mojokerto

Warga Mojokerto menemukan struktur bangunan kuno berupa susunan batu bata yang menyerupai pondasi bangunan, begini penjelasan BPCB Trowulan

Begini Penjelasan BPCB Trowulan Terkait Temuan Struktur yang Diduga Bangunan Kuno di Mojokerto
TribunJatim.com/Febrianto Ramadani
Tim BPCB Trowulan Mojokerto Jawa timur saat meninjau lokasi penemuan struktur bangunan kuno di Dusun Bendo Desa Kumitir Mojokerto. 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Warga Mojokerto menemukan struktur bangunan kuno berupa susunan batu bata yang menyerupai pondasi bangunan. Seusai mendapat laporan, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto, Jawa Timur, meninjau lokasi penemuan tersebut di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.

Arkeolog BPCB Trowulan Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho, mengatakan, di kawasan Desa Kumitir memang merupakan salah satu sentra atau pusat temuan struktur kuno.

"Daerah ini memang salah satu sentra temuan struktur kuno. Dan sudah banyak kita melakukan peninjauan di wilayah sini," kata Nugroho kepada Tribunjatim.co (grup surya.co.id), di lokasi penemuan situs Jumat (21/06/2019).

Warga Mojokerto Temukan Struktur Diduga Bangunan Kuno, Diprediksi Peninggalan Majapahit

Menurutnya, temuan kali ini adalah sebuah pagar yang mengelilingi sebuah pemukiman di era jaman Majapahit.

"Kalua dilihat temuan struktur kali ini diduga sebuah pagar yang mengelilingi sebuah pemukiman dan kita belum tau pemukiman itu apa milik sebuah keluarga besar atau kerajaan, karena pada jaman Majapahit ada pengelompokan dari sisi bangsawan," jelasnya.

Bentuk struktur yang menyerupai pagar ini mempunyai tiga pilar penguat pada setiap 4,40 meter.

Setiap pilar mempunyai panjang 120 cm dan menonjol 20 cm.

"Setiap 4,40 meter ada satu pilar penguat diding agar tidak roboh. Dan itu kita temukan ada bagian depan dan belakang tidak lurus, agak diagonal," ujarnya.

Setelah diukur oleh tim BPCB Trowulan Jawa timur, berdasarkan temuan masyarakat panjang struktur bangunan tersebut adalah 21 meter dan mempunyai lebar 120 meter.

"Diperkirakan temuan ini masih berlanjut. Tapi kita belum tahu apakah lanjutan struktur ini mengarah ke sisi Utara yang dulu sudah pernah ditemukan, kalo suatu saat temuan ini berlanjut pasti akan ketemu apakah itu merupakan suatu rangakaian apa bukan," tandas Nugroho.

(TribunJatim.com/Febrianto Ramadani)

Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved