Berita Mojokerto

SD Negeri di Kab Mojokerto Sepi Peminat PPDB, Tahun ini Terima 5 Murid, Begini Usulan Kepala Sekolah

Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Desa Purworejo, Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, tahun ajaran 2019 ini hanya lima siswa yang daftar.

SD Negeri di Kab Mojokerto Sepi Peminat PPDB, Tahun ini Terima 5 Murid, Begini Usulan Kepala Sekolah
SURYAOnline/febrianto ramadani
Suasana SDN Purworejo, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, Kamis siang (20/6/2019).  

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Sekolah Dasar Negeri (SDN)  di Desa Purworejo, Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, tahun ajaran 2019 ini hanya lima siswa yang daftar sebagai siswa baru.

SDN Purworejo merupakan satu-satunya SD yang ada di desa setempat. Jarak tempuh yang dibutuhkan dari Kabupaten Mojokerto ke SDN Purworejo  kurang lebih 20 kilometer. Sedangkan jika ditempuh dari  Kota Mojokerto kurang lebih 40 kilometer.

Jalan ke lokasi sekolah tersebut melewati berbagai hutan bambu dan sawah. Sedang medan yang naik dan turun membuat waktu untuk menempuh perjalanan menjadi lama, sekitar lebih 50 menit.

Jalan berliku liku dan  perjalanan yang dipenuhi embusan angin ditambah tidak adanya kendaraan yang lalu lalang lengkap untuk menggambarkan perjalanan ke SDN Purworejo.

Pantauan jurnalis Surya.co.id di lokasi, Kamis (20/6/2019), Kondisi kelas SDN Purworejo sedang sepi dari aktivitas mengajar. Hanya ada tenda dengan beberapa wali murid yang sedang melihat pementasan seni tari dalam rangka kelulusan dan pengambilan rapot kenaikan kelas.

"Silahkan masuk, lagi nerima rapotan soalnya," ujar Djumaliq, kepala sekolah SDN Purworejo, mempersilahkan jurnalis Surya.co.id.

Setelah masuk ke ruangan, SDN Purworejo hanya mempunyai 9 tenaga pengajar yang terdiri dari 5 PNS dan 4 Honorer, 6 ruangan kelas dan satu ruangan guru yang menjadi satu dengan ruang kepala sekolah, ruang tamu, ruangan kebersihan, musala, perpustakaan dan ruang uks.

Djumaliq menjelaskan tahun ini total siswa SDN Purworejo mengalami penurunan karena jumlah siswa yang lulus lebih banyak daripada siswa yang mendaftar.

"Siswa yang lulus sepuluh siswa, yang mendaftar cuma lima. Tahun lalu kami punya 30 siswa, jadi tahun ini berkurang total keseluruhan siswa menjadi 25," Jelas dia.

Namun, pendaftaran siswa di sekolah tersebut meningkat. Jika tahun lalu, PPDB di SDN Purworejo hanya menerima satu siswa dari taman kanak - kanak setempat.

Halaman
12
Penulis: Febrianto Ramadani
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved