Pendaftaran PPDB SMP Negeri Jalur Zonasi di Kota Batu Ditutup, Kuota SMPN Sudah Penuh

Pendaftaran PPDB jalur zonasi SMPN di kota Batu untuk kuota tambahan sudah ditutup, Kamis (20/6/2019).

Pendaftaran PPDB SMP Negeri Jalur Zonasi di Kota Batu Ditutup, Kuota SMPN Sudah Penuh
SURYA.co.id/Ahmad Zaimul Haq
Ratusan orang tua wali murid dalam Komunitas Orang Tua Peduli Pendidikan Anak SMP Se- Surabaya (KOMPAK) melakukan protes sistem PPDB Zonasi yang dianggap tidak adil di depan Gedung Grahadi, Rabu (19/6/2019). 

SURYA.co.id | KOTA BATU - Pendaftaran PPDB jalur zonasi SMPN di kota Batu untuk kuota tambahan sudah ditutup.

Kuota tambahan ini hanya untuk SMPN 4 dan SMPN 6 saja yang dibuka sejak kemarin hingga hari ini. Kuota tambahan ini untuk memberikan kesempatan pada siswa yang rumahnya jauh dari sekolah.

Plt Kepala SMPN 4 kota Batu, Budi Prasetyo mengatakan, jumlah di SMPN 4 sebanyak 56 siswa untuk kuota tambahan, dan SMPN 6 sebanyak 64 siswa untuk kuota tambahan.

"Ya kuota tambahannya sudah terpenuhi. Dan pendaftarannya sudah ditutup sampai hari ini saja," kata Budi, Kamis (20/6).

Dindik Kota Surabaya Memutuskan Membuka PPDB Tambahan, Pelaksanaanya Pada Senin 24 Juni 2019

Ia menyebutkan, pendaftar di SMPN 4 dan SMPN 6 merata. Di SMPN 4 ada siswa dari Desa Tlekung, Desa Oro-oro Ombo, Desa Pesanggrahan, Kelurahan Songgokerto, Desa Sumberejo, dan Desa Gunungsari.

Sementara di SMPN 6 ada dari Desa Pendem, dan sebagian kecil dari Desa Bumiaji dan Dadaprejo.

Sebelumnya, dua sekolah ini mendapatkan kuota tambahan dua rombel. Kedua sekolah ini mencangkup daerah berbeda, untuk SMPN 4 daerah zonasi Desa Gunungsari, Desa Sumberjo, Desa Pesanggrahan, Kelurahan Songgokerto, Desa Oro Oro Ombo, dan Desa Tlekung. Sedangkan SMPN 6 daerah zonasi Desa Pendem, Desa Bumiaji, Kelurahan Dadaprejo.

Sementara untuk SMPN 1,2,3 sudah terlebih dahulu kuota terpenuhi. Untuk pagu kuota masing-masing SMP di Kota Batu di antaranya, SMPN 1, SMPN 2, dan SMPN 3 memiliki jumlah pagu 320, dengan kuota jalur zonasi sebanyak 272, serta jumlah jalur prestasi ada 16 dan jalur perpindahan orang tua sebanyak 16.

Sedangkan untuk SMPN 6 dari pagu awal jalur zonasi sebanyak 172 karena mendapatkan tambahan menjadi 236 kuota. Dan di SMPN 4 yang awalnya 202 mendapatkan tambahan menjadi 258.

Kepala Dinas Pendidikan Batu, Eny Rachyuningsih mengatakan orang tua siswa masih bisa mendaftar anaknya untuk sekolah di swasta. Sekolah swasta di Kota Batu juga tak jarang menghasilkan siswa yang berprestasi.

"Saya rasa hal ini kebijakan orang tua lah yang menentukan. Masih ada sekolah swasta di Batu yang bagus-bagus juga," ungkapnya. 

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved