Berita Surabaya

Ini Cara Daftar PPDB Tambahan SMP Negeri, 'Dindik Surabaya Fasilitasi Keinginan Masyarakat'

Menanggapi protes wali murid peserta PPDB SMP negeri, Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya akan melakukan PPDB Tambahan untuk pemenuhan pagu.

Ini Cara Daftar PPDB Tambahan SMP Negeri, 'Dindik Surabaya Fasilitasi Keinginan Masyarakat'
surabaya.tribunnews.com/sulvi sofiana
Ratusan wali murid membentangkan kain berwarna putih sepanjang sekitar 10 meter yang bertuliskan Petisi Penolakan Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menanggapi protes wali murid peserta PPDB SMP negeri, Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya akan melakukan PPDB Tambahan untuk pemenuhan pagu.

Kepala Dindik Surabaya, Ikhsan, mengungkapkan PPDB tambahan dilakukan karena pihaknya telah mendapat saran dan persetujuan untuk menambah jumlah rombel tiap kelasnya.

"PPDB Tambahan ini sistemnya penambahan pagu bukan jalur baru, jadi harus mendaftar dulu di sistem zonasi umum. Jadi PPDB Zonasi Umum tetap berjalan dan diumumkan kemudian nanti data yang ada akan diproses saat PPDB Tambahan dibuka, tidak perlu daftar lagi," kata Ikhsan pada SURYA.co.id, Kamis (20/6/2019).

Jokowi Jawab Keluhan Warga Gresik Soal Polemik PPDB 2019, Begini Katanya

Dindik Kota Surabaya Memutuskan Membuka PPDB Tambahan, Pelaksanaanya Pada Senin 24 Juni 2019

Saat ini, dikatakan Ikhsan pihaknya akan segera membahas penambahan rombel yang ideal dan juga sistem seleksi yang digunakan. Pasalnya masyarakat meminta PPDB tambahan murni memakai seleksi NUN.

"Untuk seleksinya awalnya akan kami sesuaikan antara nilai dan jarak. Tapi permintaan masyarakat meminta tidak pakai jarak tapi murni NUN. Kami akan coba fasilitasi dan gunakan data yang ada, yang bisa ikut tentunya yang bisa daftar,"jelasnya.

Ia memastikan paling lambat pada Sabtu (22/6/2019) petunjuk teknis PPDB tambahan akan dipublikasikan.

Terkait penambahan pagu dilakukan dari pagu awal sebanyak 32 anak per kelas dan akan menyesuaikan kemampuan tiap sekolah.

"Bisa nambah jadi 36 atau 38 anak per kelasnya atau bisa jadi nambah kelas. Rencananya ada ribuan peserta didik tambahan,"paparnya.

Dengan penambahan pagu ini, menurutnya akan mewadahi lebih banyak anak Surabaya untuk mendapat pendidikan di SMP negeri.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved