Berita Pamekasan

Harga Lovebird di Pamekasan Anjlok, 1 Ekor Anakan cuma Rp 30 Ribu

Harga bakalan atau anakan spesies burung jenis Lovebird menurun drastis di Pamekasan

Harga Lovebird di Pamekasan Anjlok, 1 Ekor Anakan cuma Rp 30 Ribu
wikipedia
ilustrasi lovebird. Harga lovebird di Pamekasan anjlok jadi Rp 30 ribu per ekor 

SURYA.co.id | PAMEKASAN - Harga bakalan atau anakan spesies burung jenis Lovebird menurun drastis di Pamekasan. Padahal, Lovebird memiliki popularitas yang tinggi dan banyak diminati.

Pemicu turunnya harga lovebird tersebut dikarenakan banyak pencinta burung lovebird di Pamekasan beralih ke aduan kicau lovebird. Hal ini disampaikan oleh beberapa pegiat ternak burung dan pedagang lovebird di Pamekasan

"Harganya sekarang turun drastis. Rata-rata turun Rp 200 ribu, bahkan ada yang di bawah Rp 50 ribu juga harga jualnya," kata Wildan salah satu peternak burung lovebird di Pamekasan, Kamis (20/6/2019).

Menurut Wildan, sebelumnya harga satuan Lovebird bakalan atau yang baru menetas dengan kualitas sedang berkisar Rp 150-200 ribu per ekor.

Seiring berjalannya waktu, harga turun menjadi Rp 30-45 ribu per ekor pada kurun waktu yang tak lama.

Harga tersebut terus anjlok dengan angka Rp 30 ribu per ekor untuk jenis lovebird standard.

"Sekarang ini malah harganya cuma Rp 30 ribu per ekor. Malah turun, hasilnya minim. Kalau harga di pasaran yang beredar kayak begini paling mentok tawaran Rp 40 ribu saya lepas per ekor untuk jenis Lovebird standard," keluhnya.

Sedangkan menurut Riski (41), peternak Lovebird lainnya juga menambahkan, merosotnya harga anakan tersebut memang memiliki banyak sebab.

Satu di antaranya karena banyak pecinta burung lovebird yang beralih ke kicau dari pada ke ternak burung yang mementingkan warna.

Kendati demikian, Riski mengaku pembeli relatif tetap.

"Kini banyak peternak burung lovebird hanya untuk kicauan saja. Stoknya banyak, tapi pembelinya tidak begitu tinggi. Jadi, para penjual terus menurunkan harga supaya laku," jelas Riski.

"Peternak makin banyak, lovebird makin banyak. Sekarang para peternak banyak yang kebingungan mau menjual hasil ternakannya ke mana, sementara pembeli bakal milih yang lebih murah,” sambung dia.

Berdasar pantauan TribunMadura.com (grup surya.co.id), di Pasar Burung 17 Agustus Pamekasan, harga lovebird nangsi, olive, dan lutino MM, yang tadinya berada di kisaran Rp 600-750 ribu kini anjlok menjadi Rp 150-200 ribu.

Sementara Lovebird ijo standar atau josan, pastel kuning dan hijau, yang awalnya dijual Rp 300-400 ribu turun menjadi Rp 30-110 per ekor.

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved