Potret

Izzah Afadha yang Peduli Pendidikan Anak- anak di Pelosok Negeri

Perempuan kelahiran Bojonegoro, 5 Januari 1999 ini aktif terjun untuk berbagi dengan anak-anak yang berada di pelosok-pelosok negeri.

Izzah Afadha yang Peduli Pendidikan Anak- anak di Pelosok Negeri
surya.co.id/christine ayu nurchayanti
Izzah Afadha 

Surya.co.id | SURABAYA - Mampu menuntut ilmu sampai jenjang perguruan tinggi tak lantas membuat Izza Afadha, mahasiswi Ilmu Politik Universitas Airlangga puas terhadap dunia pendidikan.

Perempuan kelahiran Bojonegoro, 5 Januari 1999 ini aktif terjun untuk berbagi dengan anak-anak yang berada di pelosok-pelosok negeri.

"Anak-anak di daerah pelosok membutuhkan pendidikan yang sama dengan anak-anak di perkotaan. Mereka punya hak yang sama untuk bisa meraih cita-cita mereka," tutur volunteer You Can dan Seribu Guru ini.

Melihat anak-anak di wilayah yang jauh dari perkotaan, membuat Afadha berlajar banyak hal.

"Meskipun memiliki banyak keterbatasan seperti sarana dan prasarana, tapi anak-anak tersebut tetap bersemangat untuk menuntut ilmu. Ini yang membuat saya terkesan," tutur sosok yang mulai terjun dalam dunia volunteer sejak duduk di bangku SMA ini.

Berbagai desa di beberapa daerah telah ia kunjungi seperti Pulau Labengki Sulawesi Tenggara, Marowali Sulawesi Tenggara, Sawai Maluku, Sumbawa NTB, Jember, dan lain sebagainya.

Di antara sekian banyak daerah yang ia kunjungi, Pulau Labengki dan Jember menjadi daerah yang sangat berkesan baginya karena ia mendapatkan pelajaran yang sangat mengesankan.

"Membangun pendidikan di daerah pelosok itu seperti mengetes kita punya hati atau tidak untuk anak-anak. Satu hal yang saya pegang selama ini, jangan sampai saya sibuk membangun tembok ego demi menopang zona nyaman diri," tutur Afadha.

"Saya mencoba mengajari anak-anak tentang kehidupan, tapi mereka mengajari saya apa itu kehidupan. Their happiness is my happines," lanjutnya.

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved