Citizen Reporter

Tulisan Bagus Tidak Kunjung Terbit, ini Bocoran Kreteria Naskah Buku yang Disetujui Penerbit

Joko Irawan Mumpuni yang telah berpengalaman di bidang penerbitan membocorkan kriteria agar naskah disetujui untuk terbit.

Tulisan Bagus Tidak Kunjung Terbit, ini Bocoran Kreteria Naskah Buku yang Disetujui Penerbit
foto: istimewa
Talk show dihelat atas kerja sama Togamas, Petra Togamas, dan Penerbit Andi bertema Literasi Pada Zaman Milenial 4.0, Rabu (10/4/2019) di Malang. 

Para penulis pemula yang berjuang sekuat tenaga, berusaha menggarap naskah buku dan mengirimkannya ke penerbit. Tidak jarang, mereka mendapat penolakan padahal sudah rutin latihan menulis.

Apes! Jika berjalan-jalan ke toko buku, yaelah kualitas buku yang diterbitkan juga tidak seberapa beda. Malah kadang-kadang terasa lebih buruk.

Apa sebabnya tulisan bagus tidak kunjung terbit?

Sebuah talk show dihelat atas kerja sama Togamas, Petra Togamas, dan Penerbit Andi bertema Literasi Pada Zaman Milenial 4.0, Rabu (10/4/2019) di Malang.

Terdapat dua narasumber pada kegiatan ini, yaitu Djoko Saryono dari Tim Kementerian Pendidikan sekaligus dosen Universitas Negeri Malang dan Joko Irawan Mumpuni Direktur Penerbitan Penerbit Andi.

Perbincangan semakin hangat dengan peserta ketika sesi diskusi dibuka. Seorang peserta, Aika Ranu Sastra menanyakan cara agar sebuah naskah diterbitkan.

Beberapa kali dalam pengalamannya, naskah yang dikirim sering ditolak penerbit.

Joko Irawan Mumpuni yang telah berpengalaman di bidang penerbitan membocorkan kriteria agar naskah disetujui untuk terbit, dalam hal ini Penerbit Andi.

Pertama, yang sangat disambut penerbit adalah naskah yang dibuat penulis populer dengan tema yang juga sedang populer.

Kriteria seperti itu yang selalu dicari dan pasti naik cetak. Kedua, naskah yang bukan dibuat penulis populer namun berisikan tema populer. Kriteria seperti itu masih memiliki kemungkinan untuk bisa terbit.

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved