Kapal Arim Jaya Tenggelam

Kapal Arim Jaya yang Karam di Sapudi Tak Terdaftar di Pelni dan Tanpa Berkas Manifes Pelayaran Kapal

Sedikitnya tercatat 17 orang penumpang dinyatakan meninggal dunia,lima orang dinyatakan hilang dan terhitung 39 orang dinyatakan selamat

Kapal Arim Jaya yang Karam di Sapudi Tak Terdaftar di Pelni dan Tanpa Berkas Manifes Pelayaran Kapal
TribunJatim.com/Luhur Pambudi
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

SURYA.co.id | SURABAYA - Polda Jatim menyebut, jumlah penumpang yang dinyatakan meninggal atas insiden karamnya KM Arim Jaya di perairaan kepulauan Sapudi, Sumenep, Madura, bertambah.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera menuturkan, sedikitnya tercatat 17 orang penumpang dinyatakan meninggal dunia.

Kemudian, lima orang penumpang dinyatakan hilang dan terhitung 39 orang dinyatakan selamat.

Bila data korban yang selamat, meninggal dan hilang dijumlahkan, lanjut Barung, diperoleh keseluruhan total penumpang sejumlah 61 orang.

"Ini masih belum menjadi data terakhir. 61 itu bisa jadi bertambah karena saya bilang data ini fluktuatif," katanya saat ditemui di ruangannya, Selasa (18/6/2019).

Mengingat kapal tersebut merupakan kapal milik warga setempat dan memang sejak awal tidak terdaftar dalam di Pelni, sehingga tidak dilengkapi dengan berkas manifes pelayaran kapal.

Terungkap, Kapal Arim Jaya Berangkat dari Pelabuhan Ilegal

"Karena saksi-saksi menyatakan juga dari otoritas yang berwenang menyatakan bahwa tidak ada manifes atau daftar penumpang yang ada," lanjutnya.

Oleh karena itu, lanjut Barung, hal itu cukup membuat pihaknya kesulitan memastikan jumlah keseluruhan penumpang.

Kendati demikian, bermodalkan keterangan para saksi yang selamat, terang Barung, pihaknya mampu memperkirakan jumlah total penumpang.

"Jumlah data yang didapat dari keterangan dari saksi-saksi yang ada di kapal yang bersama-sama dengan mereka," tandasnya.

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved