Berita Ekonomi Bisnis

Faktor Pendorong Pertumbuhan Penjualan Sekar Laut di Kuartal I hingga Lampaui Target

Kondisi pasar produk olahan udang dan ikan selama kuartal I tahun 2019 cukup stabil dan seimbang antara permintaan dan penawaran.

Faktor Pendorong Pertumbuhan Penjualan Sekar Laut di Kuartal I hingga Lampaui Target
surya.co.id/sugiharto
Direktur PT Sekar Laut Tbk, John (dua dari kiri) bersama jajaran direksi lainnya berdialog usai paparan kinerja perusahaan di Hotel Sheraton Surabaya, Senin (18/6/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA  - Kondisi pasar produk olahan udang dan ikan selama kuartal I tahun 2019 cukup stabil dan seimbang antara permintaan dan penawaran.

Hal ini berhasil meningkatkan penjualan produk PT Sekar Laut Tbk di periode ini tumbuh lebih dari yang ditargetkan.

"Di kuartal I tahun 2019 ini, penjualan kami tumbuh 21 persen dibanding periode yang sama tahun 2018 lalu. Ini sudah melebihi dari yang ditargetkan," kata John C Gozal, Direktur PT Sekar Laut Tbk saat public expose di Surabaya, Selasa (18/6/2019).

Hasil tersebut diharapkan bisa berlangsung hingga akhir tahun. Mengingat potensi pasar produk yang mereka miliki, baik ekspor maupun domestik masih sangat luas.

Sementara target peningkatan penjualan di tahun 2019 hanya disebutkan di atas 10 persen. Sedangkan capaian di tahun 2018 tumbuh 14,3 persen dibanding tahun 2017 yang hanya tumbuh 9,6 persen.

"Kami melihat potensi pasar yang masih luas. Sehingga tahun ini kami siapkan pengembangan pasar ekspor antara lain ke Belanda, Inggris, Korea Selatan, dan China," jelas John.

Sementara untuk pengembangan pasar lokal, antar lain menambah jaringan di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Perseroan yang memproduksi kerupuk, sambal dan roti ini, optimis kinerja di tahun 2019 akan tumbuh positif.

Pihaknya juga menyiapkan capex (modal usaha) sebesar Rp 20 miliar di tahun 2019 ini untuk mengembangkan mesin pabrik agar bisa menambah kapasitas.

"Tahun 2018 lalu, kapasitas mesin pabrik sudah mencapai 30.000 ton per tahun. Melihat kondisi pasar yang potensia bertambah, kami merasa perlu invetasi mesin baru untuk tambah kapasitas dalam tahun-tahun kedepan," tambah John.

Sementara itu, untuk diversifikasi produk, Sekar Laut menyiapkan pengembangan produk kerupuk sayur.

"Produk ini untuk menyasar pasar ekspor di Eropa, selain kerupuk udang yang sudah ada," tambah Harry Sunogo, Presiden Direktur Sekar Laut Tbk.

Dalam public expose tersebut, perseroan mengumumkan capaian penjualan di tahun 2018 yang mencapai Rp 1,045 triliun. Meningkatkan laba bersih hingga Rp 267,3 miliar.

Sedangkan capaian penjualan di kuartal I yang tercatat tumbuh 21 persen, mencapai Rp 308,4 miliar.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved