Pilwali Surabaya 2020

Begini Kriteria Calon Pemimpin Kota Pahlawan Pengganti Wali Kota Risma Versi PCNU Surabaya

PCNU Surabaya memiliki kriteria dan preferensi tersendiri terhadap calon pemimpin pengganti Wali Kota Risma.

Begini Kriteria Calon Pemimpin Kota Pahlawan Pengganti Wali Kota Risma Versi PCNU Surabaya
KPU Surabaya
Ilustrasi Pilwali Surabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pilwali Surabaya 2020 mendatang mulai memunculkan sejumlah nama tokoh yang disebut layak menggantikan Tri Rismaharini. Sejumlah nama yang santer disebut seperti Whisnu Sakti Buana, Eri Cahyadi, KH Zahrul Azhar Asad, dan sejumlah nama yang lain yang juga masih pasang surut terdengar.

Terkait hal tersebut, Ketua PCNU Surabaya, Muhibbin Zuhri, mengatakan bahwa NU memiliki kriteria dan preferensi tersendiri terhadap calon pemimpin Surabaya mendatang. Sebagai lembaga sosial keagamaan, NU berharap bahwa pemimpin yang akan melanjutkan tampuk kepemimpinan Risma adalah sosok yang bukan hanya mampu sebagai teknokrat, namun juga sanggup menata dari sisi keagamaan dan religiusitas masyarakat di kawasan perkotan.

"Dari NU sendiri berharap pemimpin yang akan diusung parpol nanti memiliki kepekaan terhadap masalah sosial perkotaan yang menyangkut hajat hidup warga. Tidak hanya pembangunan secara fisik dan infrastruktur, tapi juga membangun moralitas warganya," kata Muhibbin pada Surya, Selasa (18/6/2019).

Menurutnya, pembangunan SDM dan moralitas adalah penekanan yang harus dijadikan prioritas.

Visi wali kota dan wakil wali kota Surabaya ke depan harus berorientasi pada dua hal tersebut.

Kohesivitas sosial dengan mempertimbangkan penataan kota yang baik juga harus diperhatian oleh sosok pengganti Risma ke depan.

Khususnya, di kawasan perkotaan Surabaya yang majemuk sepertu saat ini.

"Nilai kohesivitas sosial ini harus dibangun dengan penataan kota agar tidak muncul koloni-koloni yang menganggap mereka eksklusif," imbuh Muhibbin.

Selain itu, pemimpin Kota Pahlawan ke depan juga harus memiliki visi untuk membangun kerjasama antara ulama dan umaro (pemimpin).

Ini diperlukan agar terwujud kehidupan warga kota Suabaya yang harmonis dam warganya merasa diayomi dan tentram.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved