Citizen Reporter

Pentingnya Pendidikan Seks Pranikah, Mahasiswa PLS Universitas Negeri Malang Membedah dalam Seminar

Pendidikan seks merupakan salah satu hal penting yang perlu dimiliki sebagai bekal menuju ke pernikahan.

Pentingnya Pendidikan Seks Pranikah, Mahasiswa PLS Universitas Negeri Malang Membedah dalam Seminar
foto: istimewa
Seminar tentang pendidikan seks pranikah digelar mahasiswa jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang, Senin (25/3/2019). 

PENDIDIKAN seks merupakan salah satu hal penting yang perlu dimiliki sebagai bekal menuju ke pernikahan.

Dengan adanya pendidikan seks dapat menjadikan setiap individu lebih memahami mengenai banyak hal, mulai dari pentingnya menjaga organ reproduksi, mengetahui penyakit seksual yang menular, wawasan tentang kehamilan, serta sampai pada pengetahuan mengenai alat kontrasepsi yang dapat digunakan ketika sudah menikah nantinya.

Salah satu bentuk implementasi atas kesadaran pentingnya pendidikan seks tersebut adalah dengan terlaksananya kegiatan Seminar Pendidikan Seks Pranikah yang di selenggarakan mahasiswa Konsentrasi Pendidikan Keluarga Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang.

Warga belajar Paket B SKB Kota Malang menjadi peserta seminar yang diadakan Senin (25/3/2019). Mereka mengikuti kegiatan dengan bersemangat.

Itu juga karena pemateri Yohana Theresa Udam, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, membawakan materi dengan gaya yang santai serta sangat interaktif. Itu dapat membuat peserta merasa tidak tegang dan banyak bertanya.

Berbagai materi mengenai pendidikan seks disampaikan. Itu mulai pembahasan mengenai usia berhubungan seks yang dapat menyebabkan kehamilan, pembahasan tentang proses pembuahan, tentang penyakit-penyakit yang dapat timbul dari hubungan seks, serta sampai pada pembahasan solusi-solusi untuk mengatasi atau mengantisipasi penyakit-penyakit yang dapat timbul.

Berbicara tentang seks memang tidak banyak yang memahami mengenai akibat-akibat negatif yang ditimbulkan. Sebagian besar hanya berpikir tentang fatamorgana kenikmatan-kenikmatan bahkan tidak sedikit yang melakukan hubungan seks di luar pernikahan.

Kerentanan atas kehidupan bebas itulah yang mendorong Rio, Imam, Siti, Vika, dan Halim menyelenggarakan seminar. Memiliki pemahaman mengenai pendidikan seks pada usia pranikah sangat diperlukan.

Begitu juga yang disampaikan Imam selaku ketua pelaksana seminar.

“Kami berharap warga belajar paket B di SKB Kota Malang dapat lebih memahami dampak negatif dari seks di luar pernikahan dan penyakit-penyakit yang ditimbulkan,” katanya.

Nur Wahyuni
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah
Konsentrasi Pemberdayaan Masyarakat
Universitas Negeri Malang
nurwahyuni825@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved