Berita Surabaya

Kodim 0831/Surabaya Timur Wakili Kodam V/Brawijaya dalam Lomba Binter 

Tim Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) melakukan penilaian terhadap beberapa Kodim dalam lomba Pembinaan Teritorial (Binter).

Kodim 0831/Surabaya Timur Wakili Kodam V/Brawijaya dalam Lomba Binter 
foto: istimewa
Paparan Dandim 0831/Surabaya Timur Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, S. Sos, M. I, Pol, dalam lomba pembinaan teritorial (Binter), Senin (17/6/2019). 

SURYA.co.d | SURABAYA - Tim Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) melakukan penilaian terhadap beberapa Kodim dalam lomba Pembinaan Teritorial (Binter).

Saat ini, penilaian itu dilakukan di Kodim 0831/Surabaya Timur. Satuan di bawah kendali Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, S. Sos, M. I, Pol, tersebut salah satu peserta yang ditunjuk Kodam guna mengikuti perlombaan tersebut.

Penilaian lomba tersebut dilakukan dengan beberapa tahap. Selain pemaparan langsung dari Dandim, tim Pusterad juga melakukan pengecekan hasil binter yang dilakukan di beberapa Koramil, hingga pengecekan evaluasi administrasi.

“Kalau penilaian akhir, belum bisa disampaikan. Karena, ada tahap pemeriksaan administrasinya. Tapi saya pikir, di sini sudah cukup bagus proses pembinaanya, terutama dari aspek pemberdayaan masyarakat,” jelas Ketua Tim Penilai lomba Binter Pusterad Kolonel Inf Awal Nur, Senin (17/6/2019).

Penilaian lomba binter saat ini, kata Kolonel Awal Nur, dilakukan secara nasional dan cukup ketat.

“Ada cek list (kriteria penilaian, red) yang harus kami pastikan. Hasil penilaian nanti yang akan dilombakan dengan Kodim lain dari perwakilan Kodam sesuai tipe Kodim,” pungkasnya.

Ia menambahkan, selain penilaian terhadap Kodim tipe A seperti Kodim 0831/Surabaya Timur tersebut.

Penilaian Binter tersebut guna mengetahui perkembangan hasil pembinaan teritorial yang selama dilakukan oleh Kodim-Kodim.

“Apa yang sudah dilakukan sebelumnya akan dicek. Yang sudah berjalan bagus, apakah tetap dilanjutkan, dan semakin baik. Atau mungkin ada inovasi baru dalam upaya memanunggalkan TNI dengan rakyat,” katanya.

Sedang Dandim 0831/Surabaya Timur mengakui penunjukan Satuannya sebagai peserta lomba Binter perwakilan Kodam, merupakan suatu kebanggan sekaligus kehormatan.

Pasalnya, kata almamater Akademi Militer tahun 2001 ini, Satuannya dapat mewakili Kodam V/Brawijaya untuk kategori lomba Binter tipe A.

Bahkan, terkait hasil penilaian mendatang, dirinya juga enggan memberikan pengarahan khusus pada jajaran Koramil yang nantinya akan menjadi salah satu point penilaian dalam perlombaan tersebut.

“Apa yang dipamerkan ini memang hasil pembinaan teritorial dari Koramil melalui Babinsa. Jadi, saya tidak memberikan perintah khusus. Dan hasilnya saya pikir cukup bagus,” ungkapnya.

Penulis: Joko Hari Nugroho
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved