Citizen Reporter

Cara Mahasiswa UKDC Surabaya Ramaikan Kawasan Wisata Kuliner Kapas Krampung yang Sepi

Mahasiswa UKDC Surabaya mendorong diperbanyaknya kegiatan di lokasi wisata kuliner Kapas Krampung yang perlahan-lahan ditinggalkan pembeli.

Cara Mahasiswa UKDC Surabaya Ramaikan Kawasan Wisata Kuliner Kapas Krampung yang Sepi
ist/citizen reporter
Sejumlah mahasiswa UKDC Surabaya saat menggelar pengabdian masyarakat di Kapas Krampung, Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Salah satu wisata kuliner yang ada di Surabaya adalah wisata kuliner Kapas Krampung. Sebelumnya, para pedagang berjualan di sini merupakan PKL (Pedagang Kaki Lima) di daerah jalan raya Kapas Krampung.

Karena dianggap membuat resah para pengendara atau pengguna jalan lainnya, maka Pemerintah berinisiatif untuk membangun wisata kuliner sebagai tempat yang baru untuk berjualan.

Pemerintah memberikan tempat dan fasilitas yang nyaman serta cukup memadai walaupun kurang banyak pengunjung yang datang dikarenakan lokasi dari wisata kuliner ini yang kurang strategis, sehingga pengunjung wisata kuliner Kapas Krampung bisa terbilang sepi.

Contohnya dialami salah satu penjual minuman dan makanan ringan yang ada di wisata kuliner.

Dia menceritakan bahwa penghasilan yang ia dapat setiap bulannya tidak tetap karena jumlah rata-rata pengunjung yang datang juga tidak menentu.

 Jumlah pedagang di sentra wisata kuliner pun semakin berkurang. Tak heran, banyak sekali stand kosong ditemui di sana. Bahkan saat ini sekitar 20 stand yang ada di sentra kuliner Kapas Krampung, dan hanya 7 stand yang aktif berjualan.

Oleh sebab itu, Mahasiswa dari Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Surabaya melakukan pengabdian masyarakat yang diharapkan melalui kegiatan ini dapat membantu pedagang yang ada di Wisata Kuliner Kapas Krampung.

Kegiatan yang dilakukan antara lain mengadakan lomba mewarnai untuk pelajar SD di sekitar tempat tersebut. 

Dari kegiatan tersebut diharapkan anak-anak serta orangtua yang ikut berpartisipasi, dapat membantu meramaikan Wisata Kuliner Kapas Krampung tersebut.

Mahasiswa berharap, seluruh peserta maupun orangtua yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dapat membeli makanan maupun minuman para pedagang yang ada di sana.

Kepada pedagang, mahasiswa juga mendorong agar memperbanyak kegiatan di sana. 

Program yang telah disusun dan dilaksanakan oleh sekelompok mahasiswa UKDC tersebut berjalan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan.

Seluruh peserta dan pedagang di Wisata Kuliner Kapas Krampung ikut berpartisipasi dengan baik demi berjalannya kegiatan tersebut. Orang tua maupun wali murid yang datang untuk mendampingi anak-anak mereka juga membeli makanan dan minuman yang tersedia di wisata kuliner tersebut.

Penulis : Silviana Handoko, Mahasiswa UKDC Surabaya.

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved