Arek Malang Juara Triatlhon di Vietnam, Edo sempat Bimbang antara Kuliah dan Prestasi Nonakademik

Pemuda yang akrab disapa Edo itu menyabet penghargaan 1st Overall Standart Distance di Vung Tau, Vietnam.

Arek Malang Juara Triatlhon di Vietnam, Edo sempat Bimbang antara Kuliah dan Prestasi Nonakademik
foto: istimewa
Marlingga Alfedo Prima sabet juara Tri Factor Triathlon Asian Championship Series 2019 di Vietnam pada Minggu (7/4/2019). 

ANAK desa mampu berprestasi di kancah internasional. Itu dibuktikan Marlingga Alfedo Prima yang berhasil menjuarai Tri Factor Asian Series Vietnam.

Pemuda yang akrab disapa Edo itu menyabet penghargaan 1st Overall Standart Distance di Vung Tau, Vietnam. Triatlhon series tahun ini dilaksanakan pada Minggu (7/4/2019) yang berhasil mengeksplore pemandangan dan cuaca yang cerah ala Vietnam.

Tri Factor Triathlon Asian Championship Series 2019 berada di level Asia Tenggara yang dihadiri lebih dari 20 negara.

Hadiah dalam kompetisi bergengsi itu mencapai 5.000.000 VND/Rp 3,5 juta. Selain itu, juga ada bonus free slot Tri Factor di Balitung Indonesia, Jeju Korea International Triathlon, Final Series Championship di Tiongkok, dan kacamata dari Oakley selaku salah satu sponsor Tri Factor.

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang (UM) itu menjelaskan pengalamannya bisa sampai di Vietnam.

“Saya hampir 14 tahun di dunia renang dan sempat juara mewakili UM di beberapa even renang antarkampus se-Indonesia. Total dari semua even itu saya berhasil memperoleh 3 emas, 2 perak, dan 4 perunggu. Pada awal 2016 ada peluang gabung di triatlhon dan gabunglah saya ke olahraga itu tepatnya di Jasalindo Sport,” ujarnya.

Selanjutnya, Edo harus berlatih keras. Awalnya dalam sehari latihan 3 kali, padahal saat itu ada perkuliahan. Ia sempat bimbang luar biasa.

Itu pilihan yang berat, tetapi kalau mau berhasil harus ada yang dikorbankan. Ia menyadari, prestasi nonakademik dibatasi umur dan masa keemasan orang itu.

Setiap hari ia berlatih keras, memberanikan diri mengambil keputusan, hingga berhasil meraih 4 gelar juara.

“Keempatnya adalah Jepara International Triathlon: 2nd Sprint Distance Age Group 19-29 tahun, Pariaman International Triathlon: 2nd Sprint Distance Age Group 20-29 tahun, Palembang Triathlon: 3rd Standart Distance Age Group 20-25 tahun, hingga bisa ke Vietnam dalam Tri Factor Asian Series: 1st Overall Standart Distance,” katanya.

Ia berharap, seluruh anak desa dan mahasiswa yang memiliki kemauan keras untuk mengubah nasibnya.

Menurutnya, orang harus selalu fokus dan bersemangat di bidang akademik maupun nonakademik.

“Orang harus selalu berhasrat tinggi mengejar tujuan hidup dan cita-cita serta jangan lupa berdoa dan bersyukur. Jangan cepat puas atas keberhasilan apa yang telah diraih agar nantinya semakin banyak pemuda yang berprestasi tingkat nasional ataupun internasional,” ujarnya.

Nuri Riskian
Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Malang
Nuririskian1@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved