Berita Sidoarjo

Ribuan Warga Sidoarjo Deklarasi Tolak Kerusuhan

Ribuan warga ikut acara jalan sehat yang dilanjut dengan kegiatan Deklarasi Tolak Kerusuhan di Alun-Alun Sidoarjo

Ribuan Warga Sidoarjo Deklarasi Tolak Kerusuhan
m taufik/surya
Suasana acara jalan sehat, senam bersama, dan deklarasi tolak kerusuhan di Sidoarjo, Minggu (16/6/3019) 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Ribuan warga ikut acara jalan sehat yang dilanjut dengan kegiatan senam bersama di Alun-Alun Sidoarjo, Minggu (16/6/2019). Bupati Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo, dan berbagai pejabat di Sidoarjo, termasuk para pegiat sosial, komunitas-komunitas, dan sejumlah elemen lain, juga turut hadir dalam acara ini.

Di sela acara, ribuan warga itu menggelar deklarasi damai tolak kerusuhan di Indonesia, khususnya terkait isu-isu politik yang sedang menghangat belakangan ini. Warga menilai bahwa kerusuhan hanya menimbulkan masalah baru, memecah persatuan bangsa, mencoreng Indonesia di mata dunia, dan menimbulkan efek-efek negatif lain.

"Kerusuhan hanya menimbulkan persoalan baru yang dapat mengganggu kita semua. Karena itu, sebagai warga kita harus selalu menjaga persatuan dan damainya Indonesia," kata Shela Tamara, seorang peserta deklarasi.

Tokoh Budha Sidoarjo, Nico Tri Sulistyo Budi, yang juga ikut dalam kegiatan ini juga berpendapat bahwa masyarakat harus saling menjaga amarah dengan mengedepankan rasa kasih dan saling menghormati.

"Terkait perselisihan atau sengketa pemilu, mari kita pasrahkan semua kepada Mahkamah Konstitusi. Dan mari bersabar dengan mengedepankan perdamaian menyikapi proses ini," ucap Nico.

Jangan sampai, hanya karena ketidakpuasan hasil Pemilu 2019, menjadi mudah terpecah belah, mudah terprovokasi untuk melakukan kerusuhan.

"Berbuat rusuh tidak malah menyelesaikan masalah. Mari bersatu untuk Indonesia damai," pesannya.

Demikian halnya disampaikan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sidoarjo KH Mohammad Kirom.

"Kegiatan ini merupakan wujud harapan bersama dari masyarakat Sidoarjo, bahkan se-Indonesia, untuk Negeri tercinta Indonesia agar selalu damai," tukas Kirom.

Pesan damai menolak kerusuhan, juga disampaikan Bupati Sidoarjo Saiful Illah sebelum memberangkatkan jalan sehat.

"Sidoarjo selama ini guyub, rukun dan damai. Mari kita terus jaga perdamaian dari Sidoarjo untuk Indonesia," kata Saiful.

Pihaknya juga berpesan jangan sampai ada aksi-aksi kerusuhan menyikapi sidang perselisihan Pemilu 2019 di MK, khususnya di wilayah Sidoarjo karena warga Sidoarjo itu cinta damai.

"Kami berkumpul di sini, bersama-sama untuk mendeklarasikan tolak kerusuhan. Agar Sidoarjo aman, Indonesia Damai dalam menghadapi sidang Perselisihan Hasil Pemilu 2019 di MK," ungkapnya.

Terkait situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho menyatakan bahwa sejauh ini semua masih berjalan aman dan kondusif.

"Kami juga berterima kasih kepada Forkopimda Kabupaten Sidoarjo serta masyarakat Kabupaten Sidoarjo, yang turut bersama-sama saling menjaga perdamaian dan kondusifitas kamtibmas di wilayah ini," tandas Zain.

Penulis: M Taufik
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved