Berita Surabaya

Punya 20.000 Subscribers di Chanel Youtube Bisa Masuk UPN Veteran Jatim Lewat Jalur Ini

UPN Veteran Jawa Timur juga mulai mempublikasikan JMP bagi Youtuber dengan 20.000 subscribers.

Punya 20.000 Subscribers di Chanel Youtube Bisa Masuk UPN Veteran Jatim Lewat Jalur Ini
surya/ist
Ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Setelah UPN Veteran Jakarta mengumumkan Youtuber dengan minimal 10.000 subscriber bisa masuk Jalur Mandiri Prestasi (JMP), kini UPN Veteran Jawa Timur juga mulai mempublikasikan JMP bagi Youtuber dengan 20.000 subscribers.

Rektor UPN Veteran Jatim, Prof Akhmad Fauzi, menuturkan ada tiga pola seleksi jalur mandiri yakni reguler, prestasi, serta kemitraan dan kerjasama institusi. Fauzi mengungkapkan tahun ini pada JMP terdapat kategori yang memang cukup unik.

Yaitu Youtube Content Creator minimal 20.000 subscribers. Selain cakupan prestasi lain seperti olimpiade keilmuan, olahraga dan seni peringkat 1 3 tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan intemasional 3 tahun terakhir, prestasi Hafiz Alquran minimal 5 Juz, prestasi lain sebagai Ketua OSIS selama sekurangnya satu periode.

"UPN punya tugas mendidik para pemuda yang kreatif dan inovatif agar mereka nantinya mampu menghasilkan karya yg berguna bagi bangsa. Kalau sebagai creator content tentunya yang menghasilkan informasi yg berkualitas, bertanggungjawab, mendidik,"urainya ketika ditanya alasan menyertakan Youtuber sebagai salah satu cakupan prestasi, Minggu (16/6/2019).

Ia menegaskan jenis baru cakupan prestasi ini implementasi UPN sebagai Kampus Bela Negara sehingga Youtuber menjadi ikut dikembangkan untuk sejalan dengan visi kampus.

Bahkan jika memungkinkan prestasi lain seperti gamer juga akan mendapat skor tersendiri dalam JMP.

"Mengenai jumlah subscriber kamis sesuaikan dengan daya tampung dan pola pembinaan nantinya kalau sudah diterima. Jadinya pasti berbeda dengan UPN V Jakarta,"lanjutnya.

Pada JMP UPN V Jatim akan menerima mahasiswa maksimal 10 persen dari kuota Jalur Mandiri Tahun 2019 atau maksimal sebanyak 110 calon mahasiswa baru.

Selain memiliki 20.000 subscribers, Prof Fauzi mengungkapkan ada sejumlah kriteria dan mekanisme seleksi untuk JMP Bidang Inovator dan Kreator sebagai Youtube Content Creator.

"Mereka harus memiliki minimal dua video dengan masing masing minimal 100.000 viewers/penonton dengan kriteria mempunyai unsur edukasi, bermanfaat, kreatif, menarik, mengandung nilai nilai bela negara dan memenuhi stander editing serta kualitas gambar yang baik,"paparnya.

Pada saat pendaftaran, tambahnya, calon peserta wajib mengunggah hukti screenshoot dari profile saluran Youtube dan menyertakan alamat link channel Youtube calon peserta yang selanjutnya akan divalidasi oleh tim seleksi.

"Bagi mereka yang memenuhi kriteria tersebut, maka wajib mengikuti uji keterampilan berupa pembuatan video berdurasi 3 sampai 5 menit dengan tema yang ditetapkan panitia menggunakan peralatan/perlengkapan masing masing,"urainya.

Pada jalur seleksi mandiri ini, UPN V Jatim juga memakai pertimbangan lain, yaitu hasil Ujian Tulis Jalur Mandiri yang akan diadakan pada pada 23 Juli 2019.

Sementara itu, pendaftaran penerimaan mahasiswa baru Jalur Mandiri UPN V Jatim bisa dilakukan secara on line
melalui website simaba.upnjatim.ac.id mulai 24 Juni – 13 Juli 2019.

Kemudian hasil seleksi diumumkan pada 30 Juli 2019, pukul 17.00 WIB.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved