Berita Surabaya

Peserta Zonasi Kawasan PPDB 2019 Bisa Cek Lokasi Tes TPA Hari Ini, Dindik Surabaya: Biar Tak Kecele

Hari ini, peserta Tes Potensi Akademik (TPA) Zonasi Kawasan PPDB 2019 Kota Surabaya sudah bisa mengecek lokasi ujian

Peserta Zonasi Kawasan PPDB 2019 Bisa Cek Lokasi Tes TPA Hari Ini, Dindik Surabaya: Biar Tak Kecele
delya octovie/surya
(dari kiri) Nurul Hartini Dekan Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, Martadi Ketua Dewan Pendidikan Kota Surabaya, dan Iksan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya saat jumpa pers terkait TPA, Jumat (14/6/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Hari ini, peserta Tes Potensi Akademik (TPA) Zonasi Kawasan PPDB 2019 Kota Surabaya sudah bisa mengecek lokasi ujian. Tes TPA akan dilakukan besok, Senin (17/6/2019) mulai pukul 08.00-10.00 WIB.

Ada 29 tempat yang akan menjadi lokasi dilaksanakannya TPA. Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Iksan, mengingatkan wali murid dan peserta untuk mengecek lokasi TPA sehari sebelum tes, supaya tidak terjadi kesalahan lokasi pada hari H.

"Begitu daftar di website, peserta akan dapat nomor tes sekaligus lokasi tes. Kami berharap peserta akan menyiapkan mencari lokasi dari Minggu, jadi Senin tidak kesusu-susu mencari tempat. Boleh hari Minggu survei lapangan," tuturnya, Minggu (16/6/2019).

Iksan menuturkan pengecekan lokasi penting dilakukan, karena berkaca dari pengalaman tes-tes sebelumnya, banyak peserta yang salah lokasi tes.

Ini ditakutkan akan menambah faktor stres anak, apalagi jika waktu sudah mepet, sehingga anak tidak bisa mengerjakan tes dengan tenang apabila sudah sampai di lokasi.

"Sering terjadi, orangtua mengantar anaknya ke lokasi yang salah. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kami sarankan untuk mengecek lokasi sehari sebelum tes. Walaupun ya kalau ada yang salah lokasi tes nanti kami layani petunjuk lokasi yang benar di mana," ujarnya.

Hal ini juga diamini oleh Nurul Hartini, Dekan Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, yang mewanti-wanti orangtua jangan sampai menambah stres anak.

Sebab, TPA merupakan tes yang memerlukan ketenangan, supaya potensi anak benar-benar terlihat.

"Jangan sampai orang tua memberi tekanan lebih pada anak. Diharapkan, orangtua lebih menenangkan. Pengalaman beberapa kali sebelum tes, itu anak mau masuk lokasi dicerahami dulu. Padahal, itu tidak baik untuk psikologis anak, nanti malah stres. Kunci mengerjakan TPA itu ketenangan, kecermatan dan kecepatan," tegasnya.

Hingga Jumat, (14/6/2019), pendaftar TPA Zonasi Kawasan PPDB 2019 sudah mencapai 8.556 pendaftar.

Angka ini lebih banyak dari pendaftar tahun lalu, yang berjumlah lebih dari 7.000.

Sekretaris Departemen Teknologi Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Dwi Sunaryono, memperkirakan jumlah peserta bisa mencapai 9.000 pada penutupan.

"Intinya kami siap untuk masalah teknis. Kami pastikan juga tidak akan ada nomor peserta ganda," tandas Dwi.

Penulis: Delya Octovie
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved