Berita Jember

Pemkab Jember Gelar Festival Pegon Waton Parade 2019 di Pantai Watu Ulo

Festival Pegon ini bertajuk Watu Ulo Pegon (Waton) Parade 2019 dipusatkan di Pantai Watu Ulo Kecamatan Ambulu, Jember

Pemkab Jember Gelar Festival Pegon Waton Parade 2019 di Pantai Watu Ulo
istimewa
Poster Watu Ulo Pegon (Waton) Parade 2019 di Jember 

SURYA.co.id | JEMBER - Pemkab Jember bakal menggelar Festival Pegon. Festival Pegon ini bertajuk Watu Ulo Pegon (Waton) Parade 2019 dipusatkan di Pantai Watu Ulo Kecamatan Ambulu, Jember, Minggu (23/6/2019) mendatang.

Pegon adalah salah satu moda transportasi tradisional di masyarakat suku Jawa. Pegon, alat angkut yang ditarik oleh sapi masih banyak ditemukan di seputaran Kecamatan Ambulu. Saat ini Pegon masih dilestarikan untuk dipakai pengangkut barang.

Warga Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu memiliki tradisi arak-arakan Pegon di setiap Hari Raya Ketupat, atau hari ketujuh Lebaran Idul Fitri. Tahun ini, Pemkab Jember mengemas arak-arakan Pegon itu dalam sebuah Festival Pegon yakni Waton Parade 2019.

"Festival ini untuk melestarikan salah satu kekayaan tradisi masyarakat Jember yakni di Ambulu, sekaligus untuk mendongkrak kegiatan pariwisata di Jember. Festival Pegon juga diharapkan menjadi event pariwisata di Kabupaten Jember," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember, Anas Ma'ruf, Minggu (16/6/2019).

Selain parade pegon, nantinya Waton Parade 2019 juga akan dimeriahkan oleh sejumlah kegiatan, antara lain festival bakar ikan.

“Kami meriahkan dengan festival bakar ikan dan pengumuman Gus – Ning 2019,” lanjut Anas. Gus dan Ning Jember merupakan duta wisata Kabupaten Jember.

Festival bakar ikan menjadi rangkaian kegiatan itu, karena Waton Parade 2019 dipusatkan di tepi pantai yang berada di salah satu desa sentra nelayan dan penghasil ikan di Jember.

Kegiatan itu, lanjut Anas, juga untuk menggerakkan program masyarakat gemar makan ikan.

Waton Parade 2019 menjadi momen untuk mengangkat potensi Watu Ulo sebagai wilayah pantai, dan masyarakat nelayannya.

“Event ini untuk menggerakkan potensi ekonomi lokal dan memberdayakan masyarakat sekitar. Sehingga acara ini betul-betul menjadi acara masyarakat,” ungkap Anas.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved