Tempat Uji Kir di Sidoarjo Akan Pindah ke Lingkar Timur

Tempat uji kir di Sidoarjo akan dipindah. Dinas Perhubungan (Dishub) sedang menyiapkan lokasi baru di Jl Veteran atau jalur Lingkar Timur Sidoarjo.

Tempat Uji Kir di Sidoarjo Akan Pindah ke Lingkar Timur
SURYAOnline/M Taufik
(foto dok) Proses uji kir di Dishub Sidoarjo, Senin (12/2/2018). Tempat uji kir di Sidoarjo akan dipindah ke Jl Veteran atau jalur Lingkar Timur Sidoarjo. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Tempat uji kir di Sidoarjo akan dipindah. Dinas Perhubungan (Dishub) sedang menyiapkan lokasi baru di Jl Veteran atau jalur Lingkar Timur Sidoarjo.

Menurut Kepala Dishub Sidoarjo, Bahrul Amiq, lokasi sudah ada dan sedang proses pengiriman.

"Pembangunannya belum, tapi sudah ada lahan dan sudah proses pengiriman," kata Amiq.

Pihaknya berharap, tahun depan lokasi baru tersebut sudah dibangun dan bisa dimanfaatkan untuk uji kir kendaraan.

"Semoga bisa segera rampung pembangunannya. Sebab, lokasi uji kir yang ada selama ini sudah kurang memadai," lanjut mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) tersebut.

Ya, lokasi uji kir selama ini berada jadi satu dengan kantor Dishub di Jalan Raya Candi. Tempat uji kir memang di belakang kantor Dishub, tapi pintu keluar masuk kendaraan jadi satu.

Seperti diketahui, kendaraan-kendaraan besar kerap parkir di pinggir jalan depan kantor Dishub ketika antre untuk uji kir. Biasanya, antrean terjadi pagi atau sore, ketika banyak kendaraan sedang mengajukan uji kir di sana.

Karena lokasi itu tidak bisa diperluas atau ditambah, sehingga Dishub mencari lokasi baru. "Kawasan Lingkar Timur sangat cocok. selain lokasinya luas, jalur itu juga banyak dipakai melintas kendaraan besar lantaran masuk kawasan industri," imbuh dia.

Di sisi lain, Dishub juga sedang menyiapkan sistem baru untuk uji kir. Yakni mengganti sistem konvensional dengan digitalisasi. Buku kir bakal diganti dengan smartcard.

Dengan sistem ini, disebutnya semua pelayanan kir bisa lebih mudah. Kemudian pemeriksaan juga lebih akurat dan terkontrol.

Smartcard bisa mudah dibawa ke mana saja oleh pemilik kendaraan. Kemudian, juga bisa uji kir di daerah lain dengan mudah, asal peralatan atau sistemnya sama dengan standarisasi seperti dari Kementrian Perhubungan.

"Gambarannya, sistem ini ada barcode. Kemudian bisa dicek menggunakan aplikasi dalam ponsel. Sehingga pengecekan juga mudah dan akurat," tandasnya.

Ganti Buku Uji Kir Kendaraan dengan Smartcard

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved