Berita Ngawi

Prajurit Yonarmed 12/Divif-2/Kostrad Buat 1.000 Lubang Biopori, ini Tujuannya

Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad menggelar serangkaian acara dalam menyemarakkan HUT ke-57.

Prajurit Yonarmed 12/Divif-2/Kostrad Buat 1.000 Lubang Biopori, ini Tujuannya
foto: istimewa
Sejumlah prajurit Yonarmed membuat lubang biopori di halaman Yonarmed 12/Divif-2/Kostrad, Jumat (14/6/2019). 

SURYA.co.id | NGAWI - Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad menggelar serangkaian acara dalam menyemarakkan HUT ke-57.

Satuan di bawah kendali Mayor (Arm) Ronald F Siwabessy tersebut menerjunkan puluhan prajuritnya untuk membuat seribu lubang biopori di area hijau Yonarmed 12/Divif-2/Kostrad.

Kapten Arm Gatot yang ditunjuk menjadi koordinator dalam kegiatan itu mengatakan  biopori memiliki manfaat besar, terutama dalam penyerapan air.

“Biopori ini akan mencegah genangan-genangan air saat turunnya hujan. Tentunya, hal ini juga akan berguna bagi tanaman di sekelilingnya,” kata Gatot,  Jumat (14/6/2019).

 “ Ini juga merupakan suatu upaya mencegah terjadinya banjir,” imbuhnya.

Sedang Danyonarmed 12/Divif-2/Kostrad, Mayor Arm Ronald, F Siwabessy enambahkan, biopori merupakan teknologi alternatif dan sederhana yang berguna untuk menyerap air hujan. Istilah keren untuk biopori, kata Ronald, ialah istana cacing.

“Walaupun sebenarnya penghuni biopori bukan hanya cacing saja,” ungkapnya.

Selain itu, imbuhnya, teknik biopori yang dilakukan oleh prajuritnya saat ini, juga memiliki dampak yang sangat bagus bagi tanah.

“Terutama kesuburan tanah, itu dikarenakan dengan adanya lubang biopori, resapan air hujan yang mengandung lumpur dan bakteri, bisa dilarutkan oleh mineral-mineral yang diperlukan dalam kehidupan tumbuhan,” bebernya.

Pembuatan biopori itu, ujar lulusan Akademi Militer tahun 2002 ini diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran, serta perilaku dalam menjaga lingkungan.

“Persoalan lingkungan sangat terkait dengan perilaku kita dan merupakan tanggung jawab bersama. Mari, kita bersama-sama menjaga kelestarian alam dan lingkungan,” pintanya.

Penulis: Joko Hari Nugroho
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved