Pilkades Serentak 2019 di Sumenep Dibagi Dua Tahap, Berikut Jadwalnya

Tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang diagi dalam dua tahap, yakni di daratan dan kepulauan.

Pilkades Serentak 2019 di Sumenep Dibagi Dua Tahap, Berikut Jadwalnya
tribun madura/ali Hafidz Syahbana
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh Ramli. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Ali Hafidz Syahbana

SURYA.co.id | SUMENEP - Tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang diagi dalam dua tahap, yakni di daratan dan kepulauan.

“Pilkades serentak dibagi dua, tanggal 7 untuk daratan, dan tanggal 14 kepulauan, bulan November 2019,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyrakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh Ramli, Jumat (14/6/2019).

Menurutnya, ada 226 Desa yang bakal menyelenggarakan Pilkades 2019 ini baik untuk daratan maupun kepulauan.

Mantan Kepala Dinas Sosial itu menyebut, dari 226 Desa yang akan melaksanakan Pilkades kali ini, 174 desa wilayah daratan, sementara sisanya 52 desa wilayah kepulauan.

Sementara jadwal pelaksanaan itu menurutnya, untuk pendaftaran hak pilih paling lambat 15 Juli, sementara pembukaan pendaftaran bakal calon paling lambat 16 Agustus, normalnya bulan Juli.

“Untuk pendafraran bakal calon tergantung panitia, ketika panitia sudah dibentuk maka pengumuman pendaftaran sudah bisa dibuka dan sudah boleh mendaftar,” paparnya.

Saat ini kata dia, sebagian Desa sudah ada yang membentuk panitia Pilkades melalui BPD, sementara DPMD hanya memberikan jadwal ideal, dan jadwal tak harus sama setiap desa tergantung panitia.

"Setelah terbentuk panitia maka sudah boleh melakukan pengumuman pendafataran dan tahapan lainnya, Jadi cuma hari H saja yang harus serentak,” jelasnya.

Hanya Ada Satu Pendaftar, Pendaftaran Bakal Calon Kades di Tiga Desa di Tulungagung Diperpanjang

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved