Nilai TPA Jadi Penentu Kelolosan Peserta Zonasi Kawasan PPDB 2019

Pemkot Surabaya jadikan nilai TPA sebagai syarat zonasi kawasan dalam PPDB SMA 2019. Orangtua diminta jauhkan anak-anak dari stres.

Nilai TPA Jadi Penentu Kelolosan Peserta Zonasi Kawasan PPDB 2019
surabaya.tribunnews.com/delya oktovie
Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Iksan (kedua dari kanan) saat menggelar press release terkait PPDB 2019 di Surabaya. 

Laporan Wartawan Surya Delya Oktovie

SURYA.co.id | SURABAYA - Imbas dari peraturan baru Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 adalah munculnya syarat baru untuk lolos ke sekolah kawasan, yakni Tes Potensi Akademik (TPA).

Ini merupakan pertama kalinya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadikan nilai TPA sebagai syarat zonasi kawasan, karena TPA dilihat sebagai solusi supaya Surabaya bisa tetap mempertahankan sekolah kawasan agar tidak ikut sistem zonasi umum.

Ketua Dewan Pendidikan Surabaya, Martadi menuturkan, awalnya pihaknya ingin taat penuh pada Permendikbud 51.

Tetapi, banyak wali murid yang tidak terima karena khawatir bila seleksi murni berdasar jarak dan akses, anak-anak jadi tidak termotivasi belajar.

"Akhirnya, kami cari jalan tengah. Saya juga ikut menghadap Dirjen, lalu katanya coba tengok pasal 23 Permendikbud 51, dinyatakan zonasi tidak berlaku untuk sembilan jenis sekolah, satu di antaranya adalah pendidikan khusus. Nah, Surabaya punya pengalaman hampir 10 tahun mengelola sekolah khusus, yakni kawasan. Maka, ditambahkan TPA sebagai syarat, karena tidak bisa nilai UN saja, nanti tidak ada bedanya dengan zonasi umum," jelasnya.

Anak Anggota DPRD hingga Dokter Masuk Data Mitra Warga dalam PPDB Surabaya 2019

Pemprov Jatim Akan Buka Perpanjangan Pendaftaran PPDB SMAN/SMKN untuk Warga Tak Mampu

Diduga Curi Start PPDB, Dewan Pendidikan Tuban Minta Dindik Beri Sanksi ke SMKN 1 Tambakboyo

Nilai TPA lalu dijadikan penentu kelolosan siswa dalam zonasi kawasan PPDB 2019 dengan porsi 60%, sedangkan nilai UNAS membantu 40%.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya, Iksan, mengatakan pendaftaraan TPA digelar di laman PPDB Surabaya sampai Sabtu, 15 Juni 2019 pukul 23.59 WIB.

TPA akan dilaksanakan Senin, 17 Juni 2019 mulai pukul 08.00-10.00 WIB.

"Yang dari lulusan tahun lalu serta kejar paket, pendaftaran sampai pukul 14.00 WIB, dan verifikasi 16.00 WIB," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Delya Octovie
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved