Berita Surabaya

Kejati Jatim Akan Periksa Dirut PT YEKAPE dan Ketua Pengurus YKP Atas Kasus Korupsi

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim berencana akan memeriksa Direktur Utama (Dirut) PT. Yekape beserta ketua pengurus Yayasan Kas Pembangunan (YKP)

Kejati Jatim Akan Periksa Dirut PT YEKAPE dan Ketua Pengurus YKP Atas Kasus Korupsi
Surabaya.Tribunnews.com/Samsul Arifin
Kantor YKP saat digeledah oleh Kejati Jatim beberapa waktu lalu. 

SURYA.co.id | SURABAYA -  Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim berencana akan memeriksa Direktur Utama (Dirut) PT. Yekape beserta ketua pengurus Yayasan Kas Pembangunan (YKP) pada Senin, (17/6/2019) pekan depan.

Ini menyusul setelah dicekalnya lima pengurus YKP atas dugaan korupsi triliunan rupiah.

“Hari ini surat panggilannya sudah dikirim ke pihak-pihak yang dipanggil Senin (17/6/2019) mendatang,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Jatim, Richard Marpaung, Jumat, (14/6/2019).

Richard Marpaung menjelaskan, pemanggilan tidak hanya dilakukan terhadap Dirut PT YEKAPE Surabaya dan Ketua pengurus YKP Kota surabaya saja. Tapi, panggilan juga dilakukan terhadap Kepala Kantor Pertanahan Surabaya dan ahli dari Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, yakni Dian Purnama.

Sayangnya, saat ditanya perihal nama dari tiga pihak yang diperiksa, yakni Dirut PT YEKAPE Surabaya, Ketua pengurus YKP Kota Surabaya dan Kepala Kantor Pertanahan Surabaya, Richard enggan merincikan siapa saja nama-nama tersebut.

“Surat pemanggilannya hanya ditujukan kepada pejabat-pejabatnya saja. Jadi tanpa ada nama,” tegas Richard.

Sebelumnya, pasca penggeledahan di kantor YKP di Jl Sedap Malam No 9-11, Surabaya dan di PT Yekape di Jl Wijaya Kusuma No 36, Surabaya. Kejati Jatim melakukan pencekalan terhadap lima orang pengurus dii Yayasan Kas Pembangunan (YKP) dan PT Yekape.

Kelima orang ini merupakan pengurus dan menguasai YKP maupun anak usahanya di PT Yekape. Mereka yang dicekal adalah Drs. Surjo Harjono,SH, H Mentik Budiwijono, H Sartono, SH, H, Chairul Huda dan Catur Hadi Nurcahyo.

Seperti diketahui, kasus korupsi YKP pernah beberapa kali mencuat. Bahkan pada tahun 2012 DPRD Surabaya pernah melakukan hak angket dengan memanggil semua pihak ke DPRD.

Penulis: Samsul Arifin
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved