Citizen Reporter

Upaya Kecil Warga Kalilom Lor Mengubah Kebiasaan Membuang Sampah Rumah Tangga

Mahasiswa Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Surabaya dan warga Kalilom Lor Indah Surabaya kompak mengubah kebiasaan membuang sampah sembarangan

Upaya Kecil Warga Kalilom Lor Mengubah Kebiasaan Membuang Sampah Rumah Tangga
ist/citizen reporter
Kegiatan mengecat dinding kampung yang dilakukan warga Kalilom Lor Indah Surabaya bersama mahasiswa UKDC Surabaya. 

SURYA.co.id | Problem sampah rumah tangga terjadi di mana saja. Begitu pula di wilayah Kalilom Lor Indah, kelurahan Tanah Kali Kedinding, kecamatan Kenjeran, Surabaya.

Di sini, nilai kepedulian warga  terhadap kebersihan lingkungan terutama sampah rumah tangga perlu ditingkatkan.  Buktinya, membuang sampah pada area lahan kosong seakan menjadi hal yang biasa.

Padatnya penduduk dan kurangnya pemahaman tentang penanganan sampah menjadikan warga sekitar terbiasa hidup berdampingan dengan banjir dan masalah kesehatan seperti gatal- gatal atau sesak nafas.

Oleh sebab itu, anggota kelompok 14 pengabdian masyarakat Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Surabaya beserta warga Kalilom Lor Indah gang penghubung antara gang apel dan gang jeruk berupaya  mengubah kebiasaan membuang sampah rumah tangga di area kosong di pemukiman warga tersebut.

Selain itu, mereka juga melakukan kegiatan bersih-bersih sampah serta mempercantik kampung dengan mengecat tembok menggunakan cat warna-warni. 

Kemudian, mereka juga memasang tanaman-tanaman gantung di depan gang untuk lebih mempercantik lingkungan.

Tak cukup di situ, juga dilakukan pembersihan area lahan kosong banyak timbunan sampah, mengelompokan jenis sampah, serta memberikan edukasi tentang buang sampah pada tempatnya dan kebersihan lingkungan kepada warga sekitar, termasuk anak-anak.

Di kesempatan yang sama, kelompok 14 pengabdian masyarakat Universitas Katolik Darma Cendika juga melakukan penyuluhan kesehatan berupa cek tensi. Kegiatan ini bekerjasama dengan Tenaga Kehatan dari Poliklinik Sentuhan Kasih Bangsa.

“Ayo sama-sama kita jaga lingkungan kita, mulai peduli terhadap lingkungan sehingga memberi dampak baik bagi bapak ibu sekalian serta terhindar dari pennyakit kulit atau penyakit lainnya” ujar Wurry, ketua Kelompok 14.

 Penulis: Yunita Amanda M, Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKDC, Surabaya.

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved