Seleksi CPNS 2019, BKD Jatim Usulkan Pembukaan 2.098 Formasi. Kapan Diumumkan?

Menurut Kepala BKD Jatim, Anom Suharno, Kamis (13/6/2019), ada sebanyak 2.098 formasi yang diajukan ke Kemenpan RB untuk CPNS 2019

Seleksi CPNS 2019, BKD Jatim Usulkan Pembukaan 2.098 Formasi. Kapan Diumumkan?
Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan
ilustrasi seleksi CPNS 2019 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur tengah mengajukan formasi untuk dibuka dalam seleksi CPNS 2019.

Sebagaimana disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur, Anom Suharno, Kamis (13/6/2019), ada sebanyak 2.098 formasi yang diajukan ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara - Reformasi Birokrasi.

Dari usulan tersebut maka Pemprov Jawa Timur harus menunggu sekitar satu bulan untuk mendapatkan jawaban berapa formasi yang disetujui pemerintah pusat untuk dibuka dalam CPNS 2019 di lingkungan Pemprov Jawa Timur.

"Kemarin kami baru menaikkan surat pengajuan formasi ke Sekdaprov. Jumlahnya ada sekitar 2.098. Setelah dapat persejutuan dari Sekda, maka akan dinaikkan ke Menpan RB, prosesnya begitu," ucap Anom.

Segera Dibuka, Lowongan CPNS 2019 Sebanyak 253.173, Pendaftar Diprediksi Tembus 6 Juta

Sesuai ketentuan dari pemerintah pusat, prinsip pembukaan lowongan dalam seleksi CPNS adalah zero-growth. Artinya tidak boleh ada pertumbuhan jumlah ASN di tataran Pemprov Jawa Timur. Sehingga yang diajukan pada usulan lowongan formasi maksimal adalah sesuai dengan jumlah ASN yang pensiun.

"Di tahun 2019 ini akan ada sebanyak 2.098 ASN yang akan pensiun. Itu yang kami ajukan lewat pembukaan formasi. Nanti disetujui berapa, pusat yang menentukan," tandasnya.

Berkaca dari seleksi CPNS tahun lalu, ada sebanyak 2.241 formasi yang diajukan Pemprov ke Kemenpan RB. Namun yang diterima atau dibuka formasi dan dinyatakan lolos ada sebanyak 1.964 orang ASN.

Tahun lalu ada sebanyak 63.000 orang yang melamar formasi dan mengikuti tes. Sehingga diprediksi tahun ini juga akan sebanyak itu pelamar formasi di tingkatan Pemprov Jawa Timur.

"Kemungkinan Agustus sudah ada pengumuman pembukaan lowongan. Nah Oktober kemungkinan pelaksanaan tesnya," ucapnya.

Pihaknya berharap jawaban untuk formasi yang diizinkan di Jawa Timur bisa segera dikirimkan. Dan ia berpesan bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti Seleksi CPNS bisa mulai melakukan persiapan.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved