Berita Blitar

Eks Lahan RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar akan Dipakai Pembangunan Universitas Putra Sang Fajar

Eks lahan RSUD Mardi Waluyo di Jl dr Sutomo, Kota Blitar akan dibangun kampus Universitas Putra Sang Fajar

Eks Lahan RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar akan Dipakai Pembangunan Universitas Putra Sang Fajar
surya/samsul hadi
Pengendara melintas di jalan raya depan eks lahan RSUD Mardi Waluyo, di Jl dr Sutomo, Kota Blitar. 

SURYA.co.id | BLITAR - Eks lahan RSUD Mardi Waluyo di Jl dr Sutomo, Kota Blitar, yang selama ini dibiarkan tak terurus akan segera dimanfaatkan. Rencananya, lahan itu akan digunakan untuk pembangunan gedung Universitas Putra Sang Fajar.

Plt Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan rencana pembangunan kampus di bekas lahan RSUD Mardi Waluyo akan dimulai tahun ini. Menurutnya, Pemkot Blitar sudah ada komitmen dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk pemanfaatan eks lahan RSUD Mardi Waluyo.

"Sudah ada komitmen dengan Dikti, rencana awal akan dibangun ruang kesekretariatan dan ruang perkuliahan dulu tahun ini. Intinya sudah ada lampu hijau dari Dikti," kata Santoso, Kamis (13/6/2019).

Dikatakannya, saat ini, Pemkot Blitar diminta untuk segera melengkapi dokumen administrasi untuk pemanfaatan eks lahan RSUD Mardi Waluyo.

Pemkot Blitar juga terus berkomunikasi dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Dikti untuk persiapan pemanfaatan lahan tersebut.

Kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Blitar, Widodo Sapto Yohanes mengatakan Pemkot Blitar memang sudah menyerahkan eks lahan RSUD Mardi Waluyo ke Kementerian Riset, Teknologi, dan Dikti. Dengan syarat, lahan itu dipakai untuk pembangunan universitas.

"Sampai sekarang prosesnya masih berjalan. Dari Dikti juga sudah ada komitmen untuk segera merealisasikan pembangunan universitas di lahan itu," katanya.

Menurutnya, Pemkot memang butuh mengembangan dunia pendidikan di Kota Blitar, terutama untuk pendidikan tinggi.

Untuk itu, Pemkot Blitar mau menyerahkan eks lahan RSUD Mardi Waluyo ke Kementerian Riset, Teknologi, dan Dikti dengan syarat untuk pembangunan universitas.

"Pembangunan universitas-nya menggunakan anggaran dari pemerintah pusat," ujarnya.

Tetapi, kata Widodo, kalau kementerian tidak segera merealisasikan pembangunan universitas di eks lahan RSUD Mardi Waluyo, Pemkot Blitar akan meminta kembali lahan tersebut.

Pemkot Blitar akan memanfaatkan lahan itu untuk kepentingan lain.

"Kalau tidak segera direalisasikan, kami akan minta kembali lahan itu. Kami akan gunakan untuk program lain agar lahannya tidak menganggur," kata Widodo.

Seperti diketahui, lahan bekas RSUD Mardi Waluyo dibiarkan tidak terurus sejak 2010 lalu.

Pemkot memindah RSUD Mardi Waluyo ke Jl Kalimantan, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan. Awalnya, Pemkot berencana menjadikan lahan bekas rumah sakit untuk kawasan perdagangan

Penulis: Samsul Hadi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved