Berita Tuban

Diduga Curi Start PPDB, Dewan Pendidikan Tuban Minta Dindik Beri Sanksi ke SMKN 1 Tambakboyo

Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban menerima surat pengaduan terkait dugaan SMKN 1 Tambakboyo, yang mencuri start dalam PPDB 2019

Diduga Curi Start PPDB, Dewan Pendidikan Tuban Minta Dindik Beri Sanksi ke SMKN 1 Tambakboyo
surya/m sudarsono
Tim Dewan Pendidikan (kanan) sedang menggali data dari tim PPDB SMAN 1 Tambakboyo atas laporan pencurian start PPDB oleh SMKN 1 Tambakboyo 

SURYA.co.id | TUBAN - Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban menerima surat pengaduan terkait dugaan SMKN 1 Tambakboyo, yang mencuri start dalam PPDB 2019. Atas laporan tersebut, Dewan Pendidikan menurunkan tim ke lapangan untuk menindaklanjuti surat aduan yang masuk.

Tim yang terdiri dari Suwito Tulus, Ratna Handayani dan Sri Wiyono, menindaklanjuti surat aduan tersebut. Koordinator Tim Dewan Pendidikan, Suwito Tulus, Kamis (13/6/2019), mengatakan diberi mandat untuk menggali data di lapangan, terkait dugaan pencurian start yang dilakukan oleh SMKN 1 Tambakboyo.

Dia menjelaskan, dalam surat pengaduan juga dilampirkan bukti formulir pendaftaran offline yang dikeluarkan SMKN 1 Tambakboyo. Hal itu mendahului jadwal dan berpotensi merugikan sekolah lain yang taat pada jadwal PPDB.

"SMKN 1 Tambakboyo sudah mulai mendaftar siswa sejak Mei. Disebut mencuri start, karena jadwal PPDB offline mestinya baru dibuka tanggal 11-13 Juni 2019 dan pendaftaran online tanggal 17-20 Juni 2019," kata Suwito yang juga ketua PGRI Kabupaten Tuban.

Pihaknya juga sudah menelusuri indikasi curi start PPDB tersebut dan memang benar adanya.

SMKN 1 Tambakboyo sudah mendaftar dulu calon siswanya.

Bukti dari data ini adalah keterangan dari panitia PPDB SMAN 1 Tambakboyo yang menyebutkan, calon siswa yang mau mengambil di SMAN 1 Tambakboyo tidak bisa.

Ada 4 anak yang datang ke SMAN 1 Tambakboyo untuk mendaftar.

Setelah dicek, 3 dari 4 anak itu PIN sudah keluar melalui SMKN 1 Tambakboyo.

"Di formulir itu sudah ada nomor pendaftaran, syarat yang sudah diserahkan serta ada stempel dan tanda tangan panitia PPDB. Mereka sudah didaftar yang dibuktikan dengan formulir, kami pegang datanya," Beber mantan pejabat di Dinas Pendidikan Tuban ini.

Halaman
12
Penulis: M. Sudarsono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved