Citizen Reporter

UKDC Ajak Orangtua Pahami Pentingnya Pendidikan Bagi Anak-anak

Tim Pengabdian Masyarakat UKDC Surabaya membuat program bertajuk “Temanku, Sekolahku”, yang bertujuan meyakinkan ortu akan pentingnya pendidikan anak.

UKDC Ajak Orangtua Pahami Pentingnya Pendidikan Bagi Anak-anak
ist/citizen reporter
Tim pengabdian masyarakat UKDC Surabaya saat memberikan pemahaman kepada para orang tua tentang pentingnya pendidikan anak usia dini. 

SURYA.co.id | Dunia anak-anak seharusnya tidak terlepas dari pertemanan dan sekolah. Teman untuk berbagi rasa, canda tawa dan bersenang-senang, sedangkan sekolah untuk bekal di masa yang akan datang.

Sayangnya saat ini banyak sekali alasan orang tua yang tidak peduli akan pendidikan usia dini bagi anak-anak mereka. Padahal dengan pendidikan pada usia dini, anak bisa mendapatkan teman sekaligus belajar demi bekal masa depan.

Itulah yang menggerakkan Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Surabaya untuk mengatasi masalah tersebut. Tim ini beranggotakan mahasiswa dengan bimbingan dosen.

Bertempat di Kejawan Lor RW II Surabaya,  pengabdian masyarakat difokuskan ke PAUD Melati I, yang menurut   tenaga pengajar dan karang taruna, kurang peminat.

"Orang tua beralasan sibuk sehingga mereka tidak sempat mengantar putra-putri mereka untuk mengikuti pendidikan anak di usia dini," ujar Dewi, salah satu pengajar PAUD Melati I.

Mayoritas orangtua di RW II  Kejawan Lor bekerja sebagai nelayan dan penjual ikan. Karena kesibukan mencari nafkah, pendidikan anak di usia dini tidak dihiraukan oleh orangtua.

Masalah tersebut membuat Tim Pengabdian Masyarakat UKDC berinisiatif  meyakinkan para orangtua di Kejawan Lor RW II bahwa pendidikan anak usia dini sangat penting. Tim membuat program bertajuk “Temanku, Sekolahku”, yang bertujuan meyakinkan orangtua bahwa selain mendapatkan pendidikan usia dini yang layak, anak-anak mereka juga akan senang mendapatkan teman-teman baru sambil bermain dan belajar.

Program tersebut berlangsung pada 10 Mei 2019 dengan kegiatan permainan untuk anak-anak dan seminar untuk orangtua. Acara berlangsung di Balai RW II Kejawan Lor dan menghadirkan narasumber Robita Sembiring, pemerhati pendidikan anak usia dini dan parenting.

"Tanpa adanya pendidikan anak di usia dini, maka anak-anak tidak akan mendapatkan bekal yang cukup untuk memulai jenjang pendidikan di sekolah dasar," ujar Robita.

Robita juga mengungkapkan bahwa dengan dimulainya kesadaran orangtua pada pendidikan di usia dini, maka orangtua akan semakin sadar bahwa seluruh jenjang pendidikan akan menghasilkan masa depan anak yang cemerlang.

Sementara saat orang tua mengikuti seminar dan diskusi, anak-anak mengikuti berbagai acara permainan. Anak-anak yang bukan murid PAUD Melati I turut mengikuti permainan-permainan tersebut untuk memicu ketertarikan mereka pada aktivitas yang menarik di PAUD Melati I.

Salah satu orangtua mengaku banyak pelajaran yang bisa diambil selama seminar dan diskusi yang ada. Ia menyadari bahwa pendidikan anak di usia dini sangat penting bagi anaknya sehingga dia nantinya akan mendaftarkan anaknya di PAUD Melati I.

Penulis : Leonardo Hendrawan, Universitas Katolik Darma Cendika, Surabaya

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved