Berita Jember

Penggunaan Listrik Rumah Tangga di Jember Masih Rendah, PLN dan Unej Terjunkan Tim Survei

Tim dari Fakultas Teknik Universitas Jember (Unej) menjadi stakeholder PLN Distribusi Jawa Timur

Penggunaan Listrik Rumah Tangga di Jember Masih Rendah, PLN dan Unej Terjunkan Tim Survei
istimewa
Rapat Koordinasi tim survei Unej dan PLN Distribusi Jatim 

SURYA.co.id | JEMBER - Tim dari Fakultas Teknik Universitas Jember (Unej) menjadi stakeholder PLN Distribusi Jawa Timur. Tim itu akan lakukan survei atas rasio elektrifikasi (RE) atau penggunaan listrik PLN di empat kabupaten, yakni Kabupaten Jember, Probolinggo, Situbondo, dan Bondowoso.

Tim survei ini bekerja untuk mencari informasi serta data yang akurat dan aktual penyebab masih rendahnya penggunaan listrik di empat kabupaten tersebut. Berdasarkan data dari PLN Distribusi Jawa Timur, pasokan listrik di empat kabupaten itu berlebih.

Namun, penggunaan listrik oleh warga masih terhitung rendah, karena kurang dari 90 persen bahkan 100 persen. Serapan lisrik yang masih kurang dari 90 persen ini merupakan serapan listrik untuk skala rumah tangga.

Berdasarkan data RE bulan Februari 2019 diketahui Kabupaten Jember mencapai 87,56 persen, Probolinggo 86,13 persen, Situbondo 76,19 persen dan Kabupaten Bondowoso 73,52 persen.

Karena itulah PLN Distribusi Jawa Timur bekerja sama dengan Unej untuk melakukan survei.

Survei perihal rasio elektrifikasi itu diketuai oleh Triwahyu Hardianto.

Tim survei beranggotakan 150 orang yang akan diterjunkan di empat kabupaten yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember.

"Target kerja enam bulan, dengan rincian dua bulan koordinasi, dua bulan survei, serta dua bulan survei dan desiminasi hasil pekerjaan, yang kemudian akan dilaporkan ke PLN Distribusi Jawa Timur," ujar Triwahyu melalui rilis yang dikirimkan Bagian Humas dan Protokol Unej kepada Surya, Rabu (12/6/2019).

Tim survei juga melakukan koordinasi kedua dengan pihak PLN di Surabaya.

Triwahju berharap dengan hasil survei yang dilakukan, Fakultas Teknik Unej dapat memberikan kontribusi kepada stakeholder PLN Distribusi Jawa Timur.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved