Berita Bojonegoro

Fitra Jatim Pertanyakan Output Lawatan Bupati Bojonegoro ke Inggris yang Telan Anggaran Rp 1 Miliar

Lawatan Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah, ke Inggris yang menelan anggaran hampir 1 Miliar mendapat sorotan dari Fitra Jatim

Fitra Jatim Pertanyakan Output Lawatan Bupati Bojonegoro ke Inggris yang Telan Anggaran Rp 1 Miliar
istimewa
Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, diambil dari Instagram Anna_Kasnadi, akun Bupati. 

SURYA.co.id | BOJONEGORO - Lawatan Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah, ke Inggris yang menelan anggaran hampir 1 Miliar mendapat sorotan dari sejumlah pihak. Agenda ke luar negeri selama tujuh hari itu tidak dilakoni politisi PKB tersebut seorang diri.

Ada empat orang lainnya yang ikut dalam rombongan, di antaranya suaminya Muh Ali Duppa yang juga sebagai anggota dewan riset daerah. Selain itu, ada juga PJ Sekda, Yayan Rohman, Kepala Badan Pendapatan Daerah (BPD), Herry Sudjarwo, dan Sekpri Bupati, Rachmad Sholeh Farokhi.

Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Jatim juga menyoroti perjalanan dinas orang nomor satu di Bojonegoro bersama rombongan, yang menghabiskan Rp 954.882.012 dari APBD 2019.

Bupati Bojonegoro Lawatan ke Inggris Raya Pakai Dana APBD Nyaris Rp 1 Miliar, Ini Kata Anggota Dewan

"Prinsipnya, penggunaan anggaran harus dilihat dari sisi efektivitasnya. Apa hasil dari dana hampir 1 Miliar tersebut dibuat ke luar negeri," kata Kordinator Fitra Jatim, Dakelan, dikonfirmasi, Rabu (12/6/2019).

Dia menjelaskan, kalau dalam lawatan dinas Bupati bersama rombongan tidak jelas hasilnya, maka bisa jadi itu pemborosan anggaran.

Lebih bermanfaat lagi apabila digunakan untuk pembangunan infrastruktur atau pelayanan publik lainnya.

Tentu sangat disayangkan jika perjalanan ke Eropa tersebut tidak jelas agendanya.

Oleh karenanya, Pemda harus bisa menjelaskan agenda lawatan tersebut.

"Hasilnya apa Pemda harus bisa menjelaskan, karena itu menggunakan uang APBD," sambungnya.

Bahkan, sangat disayangkan lawatan rombongan Bupati ke Inggris tersebut di sela-sela waktu paripurna, tepatnya Rabu, hari ini, sehingga menyebabkan orang nomor satu di kota Ledre itu tidak hadir, dan tentu menghambat pengambilan keputusan strategis daerah.

Tabel rencana pembiayaan lawatan Bupati Bojonegoro Anna Muawanah ke Inggris Raya
Tabel rencana pembiayaan lawatan Bupati Bojonegoro Anna Muawanah ke Inggris Raya (istimewa)

"Paripurna membutuhkan kehadiran Bupati, sangat disayangkan tentunya karena bisa menghambat keputusan strategis," pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah, dikabarkan ke Inggris Raya, mulai 11 Juni-18 Juni 2019.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Bojonegoro, Heru Sugiarto saat dikonfirmasi mengenai kunjungan Bupati bersama rombongan ke Inggris tidak menjawab.

Nomor teleponnya saat dihubungi tidak aktif, sedangkan pesan WhatsApp yang dikirim juga tidak dibalas.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved