Berita Surabaya

Dapat Hibah 2 Kapal Rumah Sakit, Gubernur Khofifah: Layanan Kesehatan Warga Kepulauan Jadi Mudah

Pemprov Jatim bakal mendapatkan bantuan dua buah kapal rumah sakit untuk berikan layanan kesehatan ke warga kepulauan di Jatim

Dapat Hibah 2 Kapal Rumah Sakit, Gubernur Khofifah: Layanan Kesehatan Warga Kepulauan Jadi Mudah
surya/fatimatuz zahro
Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat diwawancara di DPRD Jatim, Rabu (12/6/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dalam dua bulan ke depan Pemprov Jatim bakal mendapatkan bantuan dua buah kapal rumah sakit. Kapal rumah sakit ini akan menjadi salah satu solusi pendekatan layanan kesehatan pada masyarakat di wilayah kepulauan Jawa Timur.

Gubernur Khofifah mengatakan wilayah Kabupaten Sumenep Madura yang memiliki 126 pulau, di sana tidak ada tempat pelayanan rumah sakit sama sekali. Banyak warga yang mengeluhkan akses layanan kesehatan, bahkan sempat beberapa kali terjadi ibu melahirkan di kapal, dan sejenisnya.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan bahwa dua unit kapal rumah sakit itu kini sedang disiapkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

"Terakhir disampaikan oleh Menhub saat sebelum Lebaran, dua bulan ke depan dua unit kapal rumah sakit itu sudah bisa diserahkan ke Jawa Timur. Sekarang masih dilakukan penyesuaian format ruangan kapalnya," kata Khofifah di DPRD Jatim, Rabu (12/6/2019).

Kapal rumah sakit ini bukan hanya keliling antarpulau dengan 'kosongan'.

Kemenhub mendesain agar kapal rumah sakit yang bakal dihibahkan ke Jatim ini juga memiliki fungsi sebagai kapal penumpang.

Khofifah menyebut hal ini juga akan menambahkan fungsi manfaat bagi penumpang dan menghemat biaya operasional.

"Kementerian Kesehatan akan menyiapkan alat kesehatannya. Sedangkan kami akan membantu biaya operasional kapalnya," kata Khofifah.

Dengan adanya sinergi dan support antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat, ke depan Khofifah juga membuka peluang pemda setempat jika ingin memberikan support.

Bahkan tidak mungkin format ini akan bisa diterapkan juga di wilayah lain yang juga memiliki wilayah kepulauan, misalnya Probolinggo maupun Banyuwangi.

"Di wilayah kepulauan ini memang belum ada rumah sakit. Maka kapal rumah sakit ini akan menjadi solusi mewujudukan pendekatan layanan kesehatan ke masyarakat di kepulauan," pungkas Khofifah.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved