Berita Bojonegoro

Bupati Bojonegoro ke Inggris, Humas Pemkab Sebut Penuhi Undangan Ini

Bupati Bojonegoro Anna Muawanah ke Inggris untuk menghadiri undangan Young Indonesian Profecionals Asosiation (YIPA).

Bupati Bojonegoro ke Inggris, Humas Pemkab Sebut Penuhi Undangan Ini
istimewa
Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, diambil dari Instagram Anna_Kasnadi, akun Bupati. 

SURYA.co.id | BOJONEGORO - Pemkab Bojonegoro angkat bicara mengenai lawatan Bupati Anna Muawanah, bersama rombongan ke Inggris selama tujuh hari. Kabag Humas dan Protokol Pemkab Bojonegoro, Heru Sugiarto, menyatakan bupati ke Inggris untuk menghadiri undangan Young Indonesian Profecionals Asosiation (YIPA).

"Ya ada acara dinas di Inggris, menghadiri undangan dari YIPA," kata Heru dikonfirmasi, Rabu (12/6/2019).

Dia menjelaskan, di forum undangan tersebut, Bupati akan promosi wisata yang ada di Kabupaten Bojonegoro, bisa dari sektor pariwisata, investor meeting oil and gas. Heru mengklaim output dari kunjungan ke Inggris itu bisa memberi dampak bagi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

"Di forum itu Bupati promosi wisata, serta membahas minyak dan gas," sambungnya.

Fitra Jatim Pertanyakan Output Lawatan Bupati Bojonegoro ke Inggris yang Telan Anggaran Rp 1 Miliar

Sementara disinggung terkait anggaran yang hampir mencapai Rp 1 Miliar tersebut, Heru menerangkan, itu ajuan estimasi biaya tinggi perjalanan dinas sesuai Perbup.

"Misal jika harga tiket naik atau turun kan tidak tahu. Tapi jika uang lebih maka akan kembali ke Kas Daerah (kasda). Tapi kalau kurang tidak mungkin, karena sudah pakai estimasi biaya tinggi," paparnya.

Sedangkan untuk perizinan dinas ke luar negeri, ditegaskannya Bupati sudah mendapat izin dari provinsi dan Kemendagri.

Tabel rencana pembiayaan lawatan Bupati Bojonegoro Anna Muawanah ke Inggris Raya
Tabel rencana pembiayaan lawatan Bupati Bojonegoro Anna Muawanah ke Inggris Raya (istimewa)

"Anggaran Rp 954.882.012 yang digunakan untuk berangkat ke Inggris bersama rombongan itu sudah sesuai Perbup. Izin juga sudah dapat," pungkasnya.

Diketahui, dalam rencana anggaran biaya perjalanan dinas ke Inggris Raya 2019, Bupati mengajak rombongan sejumlah empat orang.

Di antaranya suaminya Muh Ali Duppa yang juga sebagai anggota dewan riset daerah.

Ada juga PJ Sekda, Yayan Rohman, Kepala Badan Pendapatan Daerah (BPD), Herry Sudjarwo, dan Sekpri Bupati, Rachmad Sholeh Farokhi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah, dikabarkan ke Inggris Raya, mulai 11 Juni-18 Juni 2019.

Kunjungan Bupati ke Inggris juga dipertanyakan anggota DPRD, sebab pada Rabu, hari ini, terdapat paripurna pembacaan nota penjelasan Bupati atas raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2018.

"Ya kalau Bupati tidak datang saya walk out, itu sama saja dengan mencoreng lembaga DPRD. Untuk fraksi lain saya tidak tahu," Papar Wakil Ketua Komisi A DPRD Bojonegoro, Anam Warsito.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved