Wali Kota Malang Siapkan Sanksi Bagi ASN yang Bolos di Hari Pertama Kembali Masuk Kerja

Wali Kota Malang, Sutiaji, telah menyiapkan sanksi bagi ASN yang bolos di hari pertama kembali bekerja setelah libur panjang lebaran.

Wali Kota Malang Siapkan Sanksi Bagi ASN yang Bolos di Hari Pertama Kembali Masuk Kerja
tribun jatim/aminatus sofya
Wali Kota Malang, Sutiaji (kanan), saat melakukan sidak hari pertama masuk kerja pasca libur lebaran di Kantor Dinas PUPR Kota Malang, Senin (10/6/2019) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aminatus Sofya

SURYA.co.id | MALANG - Wali Kota Malang, Sutiaji, akan memberikan teguran tertulis kepada aparatur sipil negara (ASN) yang bolos saat hari pertama masuk kerja pasca libur lebaran.

Hasil inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Sutiaji di tiga dinas yakni Dinas PUPR, Disperkim dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang, ada delapan ASN tidak masuk kerja dengan alasan sakit dan cuti.

"Kami mengacu pada PP 53 Tahun 2010 yaitu berupa teguran tulis kepada ASN yang tidak masuk. Tapi saya optimistis tidak ada yang bolos," kata Sutiaji ketika ditemui di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang, Sutiaji, Senin (10/6/2019).

Ia menambahkan jika dibandingkan tahun lalu, tingkat kehadiran ASN saat hari pertama masuk kerja pasca libur lebaran naik sekitar 10 persen.

Sutiaji mengatakan aplikasi absensi menggunakan ponsel yang dilengkapi dengan Global Positioning System (GPS) belum bisa dimaksimalkan untuk memantau kehadiran ASN di Kota Malang. Kendalanya kata dia, beberapa dinas belum terkoneksi sehingga rekapitulasi kehadiran masih dilakukan secara manual.

"Masih tiga dinas yang terkoneksi yaitu Dinas Sosial, Dispendukcapil dan Dinas Kesehatan. Tahun 2020 kami target semuanya smart city," kata dia.

ASN di Blitar yang Bolos di Hari Pertama Kembali Bekerja Terancam Penurunan Pangkat

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko juga turut melakukan sidak di tiga tempat, yakni Kelurahan Madyopuro, Kelurahan Kedungkandang dan Puskesmas Gribig.

Hasilnya, tidak ada satupun ASN yang membolos dan pelayanan berjalan normal.

"Alhamdulillah masuk semua. Tidak ada yang absen," ujar Sofyan.

Sofyan mengapresiasi disiplin ASN di Kota Malang terutama yang terkait dengan pelayanan publik seperti puskesmas dan kantor kelurahan.

Hasil sidak kali ini, kata Sofyan, sangat memuaskan karena tidak ada yang bolos.

"Saya mengapresiasi kinerja para ASN ini, apalagi yang berkaitan dengan pelayanan publik. Sangat memuaskan," katanya.

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved