Citizen Reporter

Mahasiswa UKDC Ajari Pelaku UMKM Menentukan HPP dan Melakukan Promosi

Dilatarbelakangi temuan ini mereka memberikan solusi dengan melakukan sosialisasi dan pendampingan terkait penentuan HPP dan promosi

Mahasiswa UKDC Ajari Pelaku UMKM Menentukan HPP dan Melakukan Promosi
ist/citizen reporter
Mahasiswa UKDC saat melatih para pelaku UMKM menentukan HPP dan melakukan promosi. 

SURYA.co.id | Kontribusi sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terhadap produk domestik bruto yang meningkat dari 57,84 persen menjadi 60,34 persen dalam lima tahun terakhir, serta serapan tenaga kerja yang juga meningkat dari 96,99 persen menjadi 97,22 persen pada periode yang sama, membuat pemerintah dan masyarakat menyadari potensi yang dimiliki sektor UMKM.

Salah satunya adalah Wisata Kuliner Deles (WKD), yang berlokasi di Jalan Arief Rahman Hakim, RW 04 Deles, Surabaya

Namun, kurangnya pengetahuan mengenai cara menghitung harga pokok penjualan dan bagaimana melakukan promosi membuat pendapatan pelaku usaha WKD tidak maksimal. Selain itu, labanya pun tak menentu.

Hal ini terungkap dari survei analisis sosial yang dilakukan oleh kelompok 6 pengabdian masyarakat yang dijalani oleh Mahasiswa Univesitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Surabaya.

Dilatarbelakangi temuan inilah mereka bekerjasama dengan Lusy, S.E., M.SA, untuk memberikan solusi dengan melakukan sosialisasi dan pendampingan terkait HPP, Promosi, dan Pelayanan.

Penentuan harga pokok penjualan yang tepat akan menentukan seberapa besar laba yang akan didapat oleh para pelaku usaha.

Sedangkan metode promosi yang tepat akan menentukan seberapa banyak jumlah pelanggan yang tertarik untuk membeli produk yang mereka jual.

Program ini dilakukan di bulan Mei 2019 dengan metode sosialisasi dan pendampingan.

Dalam pelaksanaannya, pelaku usaha mendapatkan sosialisasi serta pendampingan untuk praktek mulai dari pengenalan mengenai HPP, penerapan dalam penentuan harga jual, hingga promosi via media online.

Di penghujung acara ini, salah satu pelaku usaha di WKD yang sekaligus memenangkan door prize dari kelompok 6, Ibu Susi, berterimakasih atas bantuan yang diberikan oleh kelompok 6 pengabdian masyarakat UKDC. Beliau berucap bahwa pembelajaran yang diberikan ini sangat bermanfaat untuk menunjang usahanya.

Sedangkan ketua RW 04 setempat, Ibu Ir. Mustiyani mengatakan : “pedagang di WKD ini rata-rata adalah pedagang kaki lima yang dulunya berjualan di pinggir jalan sekitar Jalan Arief Rahman Hakim, namun karena pembuatan Jalan Merr, membuat mereka harus dialokasikan ke Wisata Kuliner Deles ini, sehingga pembekalan seperti ini sangat membantu dan diharapkan dapat menunjang pendapatan para pedagang”.

Harapan dari para pelaku usaha dan Ibu RW 04 Deles serta kelompok 6 Pengabdian Masyarakat, dengan adanya pembekalan terkait HPP dan Promosi, dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pelaku usaha di Wisata Kuliner Deles.

Penulis : Adrian Koeswanto & Shinta Mei Wulandari, Mahasiswa Universitas Katolik Darma Cendika, Surabaya

Tags
UMKM
UKDC
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved